Eksistensi Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Disiplin Belajar Peserta Didik di SMA Mancengan Darussalam, Modung, Bangkalan

Hendri Hendri, Lili Nurlaili

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to determine the existence of civics education teachers in building student learning disciplines at SMA Mancengan Darussalam. The approach in this study uses a qualitative approach, using descriptive methods. The subjects used in this study were Civics teachers and several Mancengan Darussalam SMA students as well as people or communities who have emotional relationships in school activities. In the process of obtaining data regarding the role of the Citizenship Education Teacher in building student learning discipline, researchers used interviews, observation and documentation as instruments. The data analysis process used in this study is case study data analysis with a coding process. The results of the study show that Civics teachers have carried out optimization as a form of existence, and have also fulfilled their obligations in carrying out their role as teachers according to the regulations in Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers, namely: as facilitators, motivators, drivers, learning engineers, and learning inspiration for students.

------------

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui eksistensi guru pendidikan kewarganegaraan dalam membangun kedisiplinan belajar peserta didik di SMA Mancengan Darussalam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan kewarganegaraan (selanjutnya, PKn) dan beberapa peserta didik SMA Mancengan Darussalam serta orang atau masyarakat yang mempunyai hubungan emosional dalam aktivitas sekolah. Dalam proses untuk mendapatkan data mengenai Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun kedisiplinan belajar peserta didik peneliti menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data studi kasus dengan proses coding. Hasil penelitian menunjukkan guru PKn sudah melakukan optimalisasi sebagai bentuk eksistensi, dan juga sudah memenuhi kewajibannya dalam menjalankan perannya sebagai guru sesuai peraturan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yaitu: sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.


Keywords


teachers; citizenship education; learning discipline; learners; guru; PKn; kedisiplinan belajar; peserta didik

References


Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Alawiyah, T., & Taryana, T. (2017). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Ekonomi Warganegara (Economic Civic) Melalui Pembelajaran Technopreneurship di Sekolah. Prosiding Diskusi Panel Nasional Dan Call For Papers Pusat Kajian Ilmu Ekonomi ( Puskanomi ). Meningkatkan Daya Saing Bangsa Melalui Pendidikan Dan Ekonomi Kreatif, 66–80.

Alma, B. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendri. (2021). Pola Asush Pesantren dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewarganegaraan. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(2), 1103–1110. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i2.41616

Hendri, Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171–188. Diambil dari jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurfuadi. (2010). Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Nurlaili, L., Utami, I. S., & Hendri. (2022). International Webinar Cultural Diversity Indonesian and Philippine. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 394–398. https://doi.org/10.24815/JR.V5I2.27403

Panjaitan, L. M., & Sundawa, D. (2016). Pelestarian Nilai-Nilai Civic Culture dalam Memperkuat Identitas Budaya Masyarakat: Makna Simbolik Ulos dalam Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat Batak Toba di Sitorang. Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.24821/jousa.v3i2.1481

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Disiplin Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 132–147. Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2790/2218

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sarpan, D., Karsadi, & Yusuf, M. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Menanggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di SMP Negeri 3 Sampolawa. Selami IPS, 1(12), 518–527.

Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279–285.

Surahman, Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 376–387. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.667

Suseno, F. M. (2015). Etika Politik Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Taufik. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 59–65. https://doi.org/10.17977/jip.v20i1.4378

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utaminingsih, S., Hendri, H., & Rachmawaty, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Warganegara di Desa Kuripan Ciseeng Bogor. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 181–193. https://doi.org/10.32493/AL-JPKM.V4I1.28376

Warman, C. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Vidya Karya, 32(1), 69–76. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i1.4150




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.44064

Article Metrics

Abstract view : 245 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendri Hendri, Lili Nurlaili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.