ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 101769 TEMBUNG, KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2018 s/d 2019

Lidia Simanihuruk

Abstract


ABSTRACT

The aim of this study is to describe the problems of teachers in implementing integrated learning in SD Negeri 101769 Tembung, Percut Sei Tuan District. Respondents in this study are: teachers who teach in grades IV, V and VI in SD Negeri 101769 Tembung, Percut Sei Tuan District. The results obtained from this study are: the teacher has several problems in conducting integrated learning such as not having an interest and understanding how to make learning media, not being able to use media available at school, not mastering technology so as not being able to make technology-based media, not being able to integrate or integrating learning material in accordance with established conditions, still using the lecture method and not yet using various kinds of learning resources.          
              

Keyword : Integrated Thematic Learning

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan permasalahan guru dalam menerapkan pembelajaran terpadu di SD Negeri 101769 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan. Responden pada penelitian ini yaitu: guru-guru yang mengajar di kelas IV, V dan VI yang ada di SD Negeri 101769 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: guru memiliki beberapa permasalahan dalam melakukan pembelajaran terpadu seperti tidak memiliki minat dan memahami cara membuat media pembelajaran, tidak dapat menggunakan media yang tersedia di sekolah, tidak menguasai teknologi sehingga tidak mampu membuat media berbasis teknologi, belum dapat mengintegrasikan atau memadukan materi pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, masih saja menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan berbagai macam sumber belajar.               

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Terpadu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v17i1.14529

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 528 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.