PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL

Heri Hidayat, Hillda Fadillah Mediani, Amalia Syiriah, fikri sofwatun inayah

Abstract


ABSTRACT

Research This study aims to provide the reality that many adolescents experience failure in their adjustment. The failure is provoked by problems with the family such as the economic status of the parents is middle to low, parents who are very busy working, parents who pay less attention to their children, parents who are too authoritarian, causing children to be less their children, parents who are too authoritarian, causing children to lack self-esteem, self-confidence, and self-confidence. self-esteem, lack of self-confidence, low learning achievement, less able to get along with friends, so that children get along with friends, so that children become naughty, hostile, restless, and aggressive in their adjustment. The purpose of this study is to determine the correlation between family roles and adolescent self-adjustment. Research This study uses a qualitative descriptive method, where the research subject is a sample of teenage outpourings on the @rahasiagadis Instagram account, and the selection of samples from the comments on the posts. sample selection from the comments on the post.

 

Keywords: Creativity, Early Childhood, Family.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kenyataan bahwa banyak remaja yang mengalami kegagalan dalam penyesuaian dirinya. Kegagalan tersebut diprovokasi oleh masalah dengan keluarga seperti status ekonomi orang tua menengah ke bawah, orang tua yang sangat sibuk bekerja, orang tua yang kurang perhatian kepada anak-anaknya, orang tua yang terlalu otoriter sehingga menyebabkan anak kurang memiliki harga diri, tidak percaya diri, prestasi belajar rendah, kurang dapat bergaul dengan teman, sehingga anak menjadi nakal, sikap bermusuhan, gelisah, dan agresif dalam penyesuaian dirinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana subjek penelitiannya adalah sampel curahan hati remaja pada akun Instagram @rahasiagadis, dan pemilihan sampel dari komenatar postingan tersebut.

 

Kata Kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Keluarga.


Full Text:

PDF

References


Aris Priyanto. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XVIII/November 2014. Hal 42.

Craft, A. (2004). Me-Refresh Imajinasi dan Kreativitas Anak-Anak. Depok: Cerdas Pustaka.

M. Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta, Ghalia Indonesia, cet.ke-5. Hal 27.

Mariani, D.A. (2008). Bermain dan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Tersedia [Online]: https://deviarimariani.wordpres s.com/2008/06/12/bermaindan-kreativitas-anak-usia-dini/

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Miller, B. and Gerard, D. (1979). Family Influences on the Development of Creativity in Children: An Integrative Review. Journal…Vol. 28, No. 3 (Jul., 1979), pp 295-312. Tersedia [online]: https://www.jstor.org/stable/581942?seq=1#page scan tab contents

Munandar, Utami S.C. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Grasindo

Rowan, C. (2013). The impact of technology on child sensory and motor development. Retrieved March 10, 2017, from http://www.sensomotorische-integratie.nl/CrisRowan.pdf

Setiawati, & Suryani. 2018. Peningkatan Peran Serta Ibu-Ibu dalam Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Membuat Makanan Jajanan Berbasis Bahan Lokal. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 6(2): 119-23. https://kolokium.ppj.unp.ac.id./index.php/kolokium-pls/article/view/15.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian. Bandung. ALFABETA. hlm. 291.

Sukamti, Endang R. dkk. (2010). Bermain dan Kreativitas sebagai Fondasi bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. FIK UNY: Yogyakarta

Supriyadi, D. (2001). Kreativitas Kebudayaan & Perkembangan Iptek, Bandung: Alfabeta

Tesa Alia, & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Vol.14 No.1 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v20i1.22191

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
 lebar=

JKSS: JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Diterbitkan oleh  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , Universitas Negeri Medan

Alamat : Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kecamatan. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Telepon Administrator: +62-85942206112 (Hanif Luthfi Siregar)

Lisensi Creative Commons
Ini adalah Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera yang berlisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .
 
slot gacor slot