ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PEREMPUAN TINGKAT ATAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
Analysis of upper level female students’ learning interest in physical education in primary scool. Physical education is a subject that requires physical activity. Physical activity becomes a benchmark in determining students’ interest in learning. Learning interest is influenced by internal factros and external factors of upper grade famale students which include 4th, 5th, and 6th, grade famale students, descriptive and inferential analysis will be crried out. This research is a qualitative research instuments in the form of questionnaires and interview results. The results of this study indicate that 76% of famale students at SD Negeri 068474 medan are categorized as strong. This means that as many as 76% of the total sample have an interest in praticipating in sthe physical education learning process.
Keywords: Female students, Physical education, and Learning interest
ABSTRAK
Pendidikan Jasmani merupakan mata pelajaran yang memerlukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik menjadi tolak ukur dalam menentukan minat belajar siswa. Minat belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari siswa perempuan kelas atas yang meliputi siswa perempuan kelas 4, 5, dan 6 akan dilakukan analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket dan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 76% siswa perempuan di SD Negeri 068474 Medan berkategori kuat. Maksudnya adalah sebanyak 76% dari total sampel memiliki ketertarikan dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata Kunci: Siswa Perempuan, Minat Belajar, Pendidikan Jasmani.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Aminol R, dkk. 2023. Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Alif, A. A. T. A., Ilahi, R., & Hikmah, N. (2023) Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di SDN 027 Samarinda Ulu Kota Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-7.
Ananda, R., Irmawan, B., Juanda, S., & Aswadi, M. K. (2023). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9672-9678.
Bangsawan, Irwan P. 2018. Minat Baca Siswa. Banyuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.
Imansyah, F. (2018, August). Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Penjas Orkes Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Penjas Orkes Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pengandonan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen pengelolaan sarana dan prasarana PJOK. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 70-82.
Pratiwi, E. (2021). Buku ajar strategi pembelajaran pendidikan jasmani: pedoman guru dalam mengajar penjas. Bening Media Publishing.
Purba, F. N., Indrayana, B., & Suhartini, S. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Score, 3(1), 08-20.
Sarmila, Y., Rasyid, W., Yulifri, Y., & Nirwandi, N. (2023). Studi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 56 Anak Air Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(9), 25-31.
Sukardi, S. (2020). Analisis Minat Belajar Pendidikan Jasmani Pada Murid SD Negeri 171 Pinrang Kab. Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makasar).
Syafriadi, S., Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14-21.
Thariq, M. (2015). Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Penjas Orkes Di Sekolah Dasar Negeri 08 Koto Gadang Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 1(1).
Verawati, I., Dewi, R., Pane, B. S., & Nurkadri, N. (2022).The Effect of Locomotor Games on Gross Motor Ability of Elementary School Students. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 262-270.
Zainuri, K. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 35-42.
Valianto, B., Akhmad, I., Hariadi, H., Novita, N., Suharjo, S., & Nurkadri, N. (2023). The Impact of Implementing Games with Parental Support on Fundamental Movement Skills of Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(3), 643-661
DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v22i1.60667
Article Metrics
Abstract view : 66 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , Universitas Negeri Medan
Alamat : Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kecamatan. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20221
Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Telepon Administrator: +62-85942206112 (Hanif Luthfi Siregar)