PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 101891 SIMPANG PENARA T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV UPT SPF SD Negeri 101891 Simpang Penara T.A 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jeni penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 101891 Simpang Penara Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan IV A sebagai kelas eksperimen dengan total sampel yang berjumlah 45 siswa. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPAS yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 101891 Simpang Penara pada kelas eksperimen (IVA) yang diberi perlakuan dengan bimbingan belajar memperoleh nilai rata-rata post test = 88,00 dan hasil belajar siswa kelas kontrol (IVB) yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata post test = 80,65. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung > ttabel 2,317 > 2,012 (n=25) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 101891 Simpang Penara.References
Apriliani, Y., Muthmainnah, A., Putri, H. S., Amrillah, N. I., & Muhaimin, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Mantingan Kabupaten Jepara. 1.
Danella, M., Rusiana, Thiyo, E., J.,et al. 2022. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah UPT. Pulau Malan SP.1A Desa Buntut Bali, Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira) 2 (4): 46–53. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i4.207
Elly, H., et al. 2022. Teori Belajar dan Pembelajaran. Samarinda: Lakheysa
Elvira, B., Sukmanasa, E., & Muhajang, T. (2019). Peran bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). 87–90.
Firdaus. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edited by Faza’ur Nut Fatullah. Riau: DOTPLUS
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2020. Evaluasi aapembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a merdeka curriculum. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229
Mamik. 2015. Metodologi Kuantitatif. Edited by M Choiroel Anwar. Sidoarjo: Zifatama Publisher
Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. 5(2).
Mutia,P., M. G., & Ernawati. 2021. “Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6 (2): 119. https://doi.org/10.29210/3003907000
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., Nur, M. D., & Tirtayasa, U. S. A. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. 07
Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Payon, F., Feni, Dyka A., & Sasi, M. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 2 (02): 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Priadana, S. 2021. METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Sustainability (Switzerland). Vol. 11
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Sarmanu. 2017. Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualititatif Dan Statistika. Edited by Sarmanu. Jawa Timur: Airlangga University Press.
Sriyono, H. 2024. “Program Bimbingan Belajar Untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Siswa.” Sosio-E-Kons Vol.8 (1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulhelayati, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Suleman, N., Nasbey, H., Kunusa, W. R., Tangio, Julhim. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Yayasan Kita Menulis.
Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Yusmaidah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Peta. Pelangi Pendidikan. Vol.5, No.1
Zakariah, M, A., Vivi A., & Zakariah. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Sulawesi Tenggara: Yayasan Pondok Pesantrean Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.