ANALISIS KASUS INTEGRASI OLAHRAGA DALAM KURIKULUM LAIN SD NEGERI 060913 MEDAN TEMBUNG
DOI:
https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59787Abstrak
Integrasi olahraga dalam kurikulum lain telah menjadi topik pembicaraan yang semakin meningkat dalam lingkungan pendidikan modern. Menghubungkan olahraga dengan mata pelajaran lain seperti matematika, bahasa, dan kewarganegaraan, sekolah dapat menciptakan pengalaman pembelajaran lebih holistik dan berkelanjutan bagi siswa. Dalam konteks ini, penelitian bertujuan menyelidiki kasus integrasi olahraga dalam kurikulum lain di lingkungan sekolah menengah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan gabungan(mixed methods) yang mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif, seperti observasi langsung, wawancara mendalam, kuesioner, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil pnelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan guru dalam integrasi olahraga dalam kurikulum lain bervariasi, peran orang tua dalam mendukung integrasi olahraga dalam kurikulum lain juga menjadi pola yang diamati, kebutuhan akan pelatihan dan dukungan tambahan untuk guru dalam mengintegrasikan olahraga dalam kurikulum lain juga menjadi pola yang diamati.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.