Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PBL Berbantuan Multimedia Presentasi Pada Materi Fluida Statis

Dibi Nasiah, Yeni Megalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia presentasi berbasis problem based learning berbantuan canva pada materi fluida statis yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu, instrumen kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media, instrumen kelayakan materi ditinjau dari ahli materi dan instrumen respon siswa terhadap keefktifan media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 16 Medan. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji coba yaitu 30 siswa memperoleh nilai rata-rata 91,4 dikategorikan sangat layak. Hasil perolehan nilai 30 siswa kelas XI MIA-3 memperoleh rata-rata pretest 25,5 dan postest 85 jika dihitung dengan gain ternormalisasi menunjukkan nilai gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Adanya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa multimedia presentasi berbasis model problem based learning berbantuan canva pada materi fluida statis efektif digunakan di SMA Negeri 16 Medan.

Keywords


Multimedia Presentation; PBL; Static Fluid

Full Text:

PDF

References


Afandi., Junanto, T. & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Di Indonesia. InProsiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp 113-120).

Daulay, M. I., Musyid, R. & Baharuddin. (2020). Development of Computer-Based Instruction Based Learning Models in Electricity Transmission Engineering Lessons SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4) : 2084-2096.

Mudarya, I,N. 2019. Kuantitas Dan Kualitas: Era Baru Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, 6(3) : 1-11.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-qur’an Hadis, Syariah dan Tarbiyah, 3(1) : 171-187.

Priatna, T. (2019). Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati.

Rahmatullah.,& Inanna, dan Ampa, A,T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12 (2), 317-327.

Soh, T.M.T., Arsad, N, M. & Osman, K. (2010). The Relationship of 21st Century Skills on Students’ Attitude and Perception towards Physics. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C) : 546–554.

Surjono, H.D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta : UNY Press




DOI: https://doi.org/10.24114/jltp.v4i1.43965

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Learning and Technology in Physics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.