Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa

Valery Mahda Zikri S, Alkhafi Maas Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan modelpembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan konvensional, mengetahui aktivitasbelajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament sertamengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasilbelajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas X MIA Semester I yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dipilih dengan teknikpurposive sampling. Kelas X MIA A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajarankonvensional dan kelas X MIA B eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Team Games Tournament. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswaadalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk pilihan berganda. Hasil data dapatdilihat dari nilai rata-rata post-test dari masing-masing kelas, rata-rata nilai post-test siswamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berada pada kriteriacukup baik dibandingkan nilai rata-rata post-test siswa menggunakan pembelajaran konvensional.Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung tergolong aktif danmengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan adanya pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada materigerak lurus.

Keywords


Team Games Tournament (TGT); Learning Outcomes; Learning Activity; Straight Motion

Full Text:

PDF

References


Armadani, N., Rica, W. & Nur, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) dan Media E-Komika ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 4(3): 4533-4539.

Aruan, M.K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Flash Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Gerak Newton Di X SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. Skripsi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Medan.

Hasfiyah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas X Semester 1 SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. Skripsi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Medan.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok.

Bandung: Alfabeta.

Munadi, Y. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, N.P., Sahika, D. & Fenny, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Teka - Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam. Pendidikan Biologi, 9(1): 1-9.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Prenada

Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jltp.v4i1.44877

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Learning and Technology in Physics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.