The Development of Test Instrument Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) with ADDIE Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuningtyas, N. & Rahaju, E. B. (2009). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa.
Dewi, R. A., Sriyono. & Ashari. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Fisika SMA N 3 Purworejo Kelas XI Tahun Pelajaran. Jurnal Radiasi, 06(1): 64-70.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian dan Pengembangan (RnD) Dalam Bidang Pendidikan. Sanintifica Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2): 129-150.
Hartini, T. I. & Martin. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1): 19-21
http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
OECD (2012) PISA 2011: Science competencies for tomorrow world, volume 1: Analysis. Rosewood (Drive: OECD)
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM, 10(2): 40–49.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Scully, D. (2017). Constucting Multiple-Choice Items to Measure Higher-Order Thinking. Practicial Assessment, Research & Evaluation, Vol 22, No 4: 1-13 Available online: http://pareonline.net/getvn.asp?v=22&n=4
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Vol. X, No. 24/II/Puslit/Desember/2018.
Weisdiyanti, N. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Usaha dan Energi Tingkat SMA di Kota Medan. Skripsi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Medan.
Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur. UNIPMA Press: Madiun.
DOI: https://doi.org/10.24114/jltp.v5i2.56165
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Learning and Technology in Physics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.