ANALISIS JALUR MODEL TRIMMING UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM PEMBELIAN OLI YAMALUBE

Rikki Ardiansyah Lubis, Nerli . Khairani

Abstract


ABSTRAK

Model Trimming adalah model yang digunakan untuk memperbaiki suatu  model struktur analisis jalur dengan cara mengeluarkan dari model variabel independen yang koefisien jalurnya tidak signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor mana saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah target pasar , posisi produk, citra merek, kualitas jasa , sebagai variabel independen terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan  sebagai variabel dependen. Dari hasil analisis diperoleh persamaan   dimana variabel posisi produk  yang paling besar mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar dan persamaan  dimana variabel posisi produk  yang paling besar mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar .

 

Kata Kunci :  Target Pasar, Posisi Produk,  Citra Merek, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan dan Metode Trimming

 

ABSTRACT

Trimming model is a model used to improve a path analysis structure model by removing it from the independent variable model whose path coefficient is not significant. The purpose of this study is to determine which factors affect customer loyalty. In this study, the variables used are target market (X _1), product position (X_2), brand image (X _3), service quality (X _4), as independent variables on customer satisfaction (X _5) and customer loyalty (Y) as the dependent variable. From the analysis results obtained by the equation X_5 = 0.397X_2 + 0.328X _4 + 0.8234ε_1 where the product position variable (X_2) has the greatest influence on customer satisfaction by 0.397 and the equation Y = 0.492X_2 + 0.261X_3 + 0.7328ε_2 where the product position variable (X_2) the biggest influence on customer loyalty is 0.492.

Keywords: Target Market, Product Position, Brand Image, Service Quality, Customer       

                     Satisfaction, Customer Loyalty and Trimming Method

 


Full Text:

PDF

References


Suryano, H. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Produk Sepeda Motor Kawasaki Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4 Desember 2013, 571-580

Riduwan, Achmad, E.K. 2012. Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Iqbal, Hasan. 2001. Pokok-Pokok materi Statistik 2(Statistik Inferensif). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Umar, H. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v5i3.23385

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 2493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi