PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU

Ira Oktavina Bakara, Mariani . .

Abstract


 

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiman. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Siempat Nempu ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belaja rmatematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear di kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu, yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dengan metode cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran Inkuiri dan kelas X IPA-2  sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran Matematika Realistik, jumlah pada masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiple choice sebanyak 15 soal tes hasil belajar matematika yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data tes hasil belajar matematika, nilai rata-rata dikelas eksperimen I sebesar 79,44, sedangkan nilai rata-rata dikelas eksperimen II sebesar 72,96. Dengan menggunakan uji hipotesis satu arah diperoleh dan dengan tarafnyata sehingga . Dengan demikian ditolak dan  diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik di kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu.

 

Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran inkuiri, pembelajaran matematika realistik

 

 

 

 

ABSTRACT

 

This study is a quasi eksperiman. This research conducted in SMA Negeri 1 Siempat Nempu aims to find out whether there are significant differences between the results of learning mathematics students who are taught using Inquiry learning and using Realistic Mathematics learning on the subject of Linear Equation System in class X SMA Negeri 1 Siempat Nempu. Population in this research is all class X SMA Negeri 1 Siempat Nempu, consisting of 4 class. Sampling was done randomly with cluster sampling method and many samples in this research consist of 2 classes, class X IPA-1 as experiment class I with Inquiry learning and class X IPA-2 as experiment class II with Realistic Mathematics learning, amount in each class is 36 students. The instrument used in this study is multiple choice of 15 test questions of mathematics learning that have been declared valid.Based on the data of mathematics learning result, the average grade in experiment I is 79,44, while the average grade in experiment II is 72,96. By using one way hypothesis test obtained  and with level of real α = 0,05 so . Thus  is rejected and  is accepted which means that there is a significant difference between the result of learning mathematics students who are taught using Inquiry learning and using Realistic Mathematics learning. From the results of research and testing of the hypothesis it is concluded that there is a significant difference between the results of learning mathematics students who were taught using Inquiry learning and using realistic mathematics learning in class X SMA Negeri 1 SiempatNempu.

 

Keywords : learning result, inquiry learning, realistik mathematics learning

 


Keywords


hasil belajar, pembelajaran inkuiri, pembelajaran matematika realistik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Yensi. B.N.A.(2012). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta Vol.X, No 1 Jni 2012.

Suprijono, (2009), Cooperative Learning, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Abdurrahman, M., (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Sanjaya, Wina (2013), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta

Freudenthal, Hans, (2002), Revisting Mathematics Education, Kluwer Academic Publishers, Dordrecht

Taufik, (2013), Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Himpunan di SMP, Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 1, No. 4, hal 404-412

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Siregar, dkk. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dalimunthe, D. A. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas Ix Smp Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. thesis, UNIMED.

Agustin, P. N.. (2012). Perbandingan penggunaan metode pembelajaran inkuiri dan penemuan (discovery) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v5i1.24363

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi