PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN

Romauli Sinambela ., Hasratuddin . .

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini  adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-F pada Uji Coba II di SMP Negeri 6 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemahaman konsep, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba I sebesar 88,57% dan pada uji coba II sebesar 91,18%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran  telah   tercapai untuk setiap indikator  pada uji coba I  dan uji coba II, c) respon siswa terhadap pembelajaran positif pada uji coba I sebanyak 48,6% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 51,4% siswa merespon dengan kategori baik dan pada uji coba II sebanyak 47,05% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 52,95% merespon dengan kategori baik, dan d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan yaitu  nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada uji coba I sebesar 81,6 meningkat sebesar 4,25 menjadi 85,85 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 88,57% meningkat sebesar 2,61% menjadi 91,18% pada uji coba II; dan (3) karakteristik perangkat pembelajaran berupa LKS yang efektif antara lain: a) memuat masalah kontekstual yang responsif terhadap budaya anak, b) tidak menggunakan kalimat panjang, c) memuat gambar, dan d) jawaban permasalahan pada LKS tidak harus tunggal. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dikembangkan adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep Matematis

 

 

ABSTRACT

 

 This study aims to: (1) describe the effectiveness of learning tools developed through realistic mathematical approaches, (2) to describe the improvement of students' mathematical concepts comprehended by realistic mathematics learning using developed tools; (3) finding effective learning tools in enhancing capability understanding of students' mathematical concepts. The type of this research is development research which refers to Thiagarajan, Semmel and Semmel model that is 4-D model (define, design, develop and disseminate). Due to the limitations of researchers, the research is undertaken to the stage of develop. The subjects of this study are the students of class VII-H on Trial I and VII-F students in Trial II in SMP Negeri 6 Medan. The research instruments used are RPP and LKS assessment sheets to measure validity, concept comprehension skills test, student response questionnaire and observation sheet of learning implementation. The result of the research shows that: (1) learning tools developed have fulfilled the criteria of effectiveness by: a) learning completeness classically has exceeded the minimum limit that is in the first test of 88.57% and in trial II of 91.18%, b ) Achievement of indicator / completeness of learning objectives has been achieved for each indicator on trial I and trial II, c) student's response to positive learning in experiment I as much as 48,6% student respond with very good category and 51,4% student Responded well and 47.05% of the students responded with very good category and 52.95% responded with good category, and d) the learning time did not exceed ordinary learning that is the same time as the regular learning on trial I And trial II; (2) the students' understanding of mathematical concept improved, the mean of concept comprehension ability in experiment I was 81,6 increased by 4,25 to 85,85 in trial II and many students were completed in experiment I 88, 57% increased by 2.61% to 91.18% in trial II; And (3) learning tool characteristics in the form of effective LKS include: a) containing contextual issues that are responsive to the child's culture, b) not using long sentences, c) loading pictures, and d) problem answers on LKS should not be single. Overall the results of this study indicate that learning device tools in the form of RPP and LKS developed are effective in improving students' mathematical concepts.

 

Keywords:    Learning Device Development, Realistic Mathematical Education, Understanding     Mathematical Concept.


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Hedriana, Heris dan Soemarmo, (2014), Penilaian Pembelajaran Matematika, Refika Adiatama, Bandung

Wijaya, Ariyadi., (2012), Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sari, Ayu Permata, (2014), Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Untung dan Persentase Untung, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Sugiono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Hasratuddin, (2015), Mengapa Harus Belajar Matematika?, Perdana Publishing, Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v5i1.24380

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi