KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SPLDV SMK TIK DARUSSALAM MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung pada SMK TIK Darussalam dan untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa terkait pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK TIK Darussalam dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-TKJ dan kelas XI-MM sebanyak 72 orang. Kelas XI-TKJ diberi pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI-MM diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ANCOVA. Diperoleh persamaan regresi kelas eksperimen I adalah dan persamaan regresi kelas eksperimen II adalah . Hasil uji ANCOVA menunjukkan Fhitung yaitu 7,255 dan Ftabel adalah 3,15. Karena , sehingga ditolak dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kedua model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah adalah 42,5% dan model pembelajaran langsung 37,7% terhadap kemampuan pemahaman konsep. Ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung di SMK TIK Darussalam Medan.
Kata kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Langsung
Abstract
This study aims to determine whether there is a difference in the ability of understanding mathematical concepts between students who are given problem-based learning with students who were given direct learning at SMK TIK Darussalam and to know the process of completion of student answers related to conceptual understanding. The population in this study were all students of SMK TIK Darussalam and the sample in this study were students of class XI-TKJ and class XI-MM as many as 72 people. Class XI-TKJ were given problem-based learning and XI-MM classes were given direct learning. This type of research is quasi experiment. Data analysis techniques used are normality test, homogeneity test and ANCOVA hypothesis test. Obtained experimental regression equation of class I is Y = 0,165X + 78,545 and experiment class regression equation II is Y = 0,141X + 76,062. The result of ANCOVA test shows that Fhitung is 7,255 and Ftabel is 3,15. Because F_count> F_tabel, so H_o rejected and H_a accepted so that obtained by conclusion that both model of learning have an effect on signifikan to ability comprehension of student mathematical concept. The effect of problem-based learning model is 42.5% and 37.7% direct learning model on conceptual understanding ability. It can be concluded that the ability of understanding mathematical concepts between students who are given problem based learning is higher than students who were given direct learning in SMK TIK Darussalam Medan.
Keywords: Understanding of concepts, Problem Based Learning, Direct Instruction
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M., (2012), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Siregar, Nurfauziah. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pengetahuan Prosedural Matematika Siswa SMP. Tesis Tidak Dipublikasikan. Medan : Program Pascasarjana UNIMED.
Wahyuni, S. 2014. Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa SMA antara yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pengajaran langsung. Tesis tidak diterbitkan. Medan: UNIMED.
Widakdo, W. A., et al,. (2018). Prior knowledge to build the mathematical representation ability in geometry.Proceedings of INTCESS 2018- 5th International Conference on Education and Social Sciences, ISBN: 978- 605-82433-2-3
Rini, E.S. (2016). Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Inkuiri. e-Jurnal Mitra Sains. 4(2), 20-29.
Arikunto, S.,(2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v4i2.24490
Article Metrics
Abstract view : 222 timesPDF - 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
KARISMATIKA :
Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi