PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS DI KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT

Siti Khairunnisa Fitri, Pargaulan Siagian .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara disiplin belajar terhadap disiplin belajar matematika siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Babalan, Kabupaten Langkat., (2) tingkat disiplin belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Babalan, Kabupaten Langkat tahun ajaran 2017/2018., (3) tingkat hasil belajar matematika siswa kelas X IPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X IPA SMA N 1 Babalan, Kabupaten Langkat yang berjumlah 100 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa pada kelas X IPA-2 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Variabel penelitian meliputi disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan uji Liliefors dan uji linearitas regresi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linear, sehingga uji hipotesis menggunakan analisis korelasi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) besarnya koefisien korelasi  dan hasil uji t,  dengan taraf signifikansi 0,05. Maka  ditolak dan  diterima, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat tahun ajaran 2017/2018, (2) tingkat disiplin belajar siswa dengan nilai rata-rata disiplin belajar sebesar 2,95, termasuk baik, (3) tingkat hasil belajar matematika siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 82,5, tinggi.

 

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika.

 

Abstract

 

This study aims to determine: (1) the influence between the discipline of learning to the discipline of learning mathematics of students of class X IPA SMA Negeri 1 Babalan, Langkat regency., (2) disciplinary level of students of class X IPA SMA Negeri 1 Babalan, Regency Langkat., (3) the level of mathematics learning outcomes of students in grade X IPA SMA Negeri 1 Babalan, Langkat regency of academic year 2017/2018. This study includes the type of correlation research. The population in this study is all students of class X IPA SMA N 1 Babalan, Langkat District, amounting to 100 students. Samples in this study as many as 32 students in class X IPA-2 is determined by simple random sampling technique. Research variables include learning discipline as independent variable and mathematics learning result as dependent variable. Data collection techniques used questionnaires and tests of learning outcomes at the end of the lesson. Before testing the hypothesis first tested the normality of data by Liliefors test and regression linearity test. The results show that the data is normally distributed and linear, so the hypothesis test using simple linear regression correlation analysis. The results showed that: (1) the magnitude of the correlation coefficient and t test results, with a significance level of 0.05. So rejected and accepted, there is a positive and significant influence between the discipline of learning with the achievement of mathematics learning of students in grade X IPA in SMA Negeri 1 Babalan Langkat districts academic year 2017/2018, (2) the level of discipline of students with the average value of discipline learning of 2.95, including good, (3) the level of student's mathematics learning outcomes with the average score of learning outcomes obtained by students is 82.5, high.

 

Keywords: Learning Discipline, Mathematics Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Njoroge, P. M., And Nyabuto, A.N. 2014. Discipline As A Factor In Academic Performance In Kenya. Journal Of Educational And Social Research, 4 (1): 289-307.

Cahyani, A. 2015. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Simba, Nicholas Odoyo; Agak, John Odwar; Kabuka, Eric K. 2016. Impact of Discipline on Academic Performance of Pupils in Public Primary Schools in Muhoroni Sub-County, Kenya Journal of Education and Practice, v7 n6 p164-173 2016

Gorbunovs, Aleksandrs., Kapenieks, Atis., & Cakula, Sarma. 2016. Self-Discipline As A Key Indicator To Improve Learning Outcomes In E-Learning Evironment. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 231(2016): 256-262.

Jeffrey, Ignatius., and Zein, Ade. 2017. The Effect Of Achievement Motivation, Learning, Discipline And Leraning Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal Of Development Research, 07(09): 15471-15478.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v4i2.24491

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi