PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Authors

  • Rini Ulul Azizah Universitas Negeri Medan
  • E Elvis Napitupulu Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmk.v5i3.24582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share lebih tinggi dari yang diajar menggunakan Student Teams Achievement Division. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian œPosttest Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 71 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Liliefors, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share lebih tinggi dari yang diajar menggunakan Student Teams Achievement Division  Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Think-Pair-Share, Student Teams Achievement Division kemampuan pemecahan masalah matematik Abstract The aim of this research is to investigate whether the mathematical problem solving abilities of students taught using cooperative learning Think-Pair-Share model are higher than taught using Student Teams Achievement Division. This experimental research used œPosttest Only Control Group Design involving 71 students. The instrument used in this research was mathematical problem solving ability test. The data obtained were analyzed by a Liliefors test, F-test, and t-test. The result of this research indicated that the mathematical problem solving abilities of students taught using cooperative learning Think-Pair-Share model are higher than taught using Student Teams Achievement Division  Keywords: cooperative learning,  Think-Pair-Share,   Student Teams    Achievement                    Division, mathematical problem solving ability

Author Biographies

Rini Ulul Azizah, Universitas Negeri Medan

Jurusan Matematika

E Elvis Napitupulu, Universitas Negeri Medan

Jurusan Matematika

References

Hamzah, H.M.A., Muhlisrarini, (2014), Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hudojo, H., (2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Universitas Negeri Malang, Malang.

Hendriana, H., Soemarmo, U., (2016), Penilaian Pembelajaran Matematika, Refika Aditama, Bandung.

Surya, E. Putri, F. A. and Mukhtar. 2017. Improving Mahematical Problem Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Indonesian Mathematical SocietyJournal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Polya, G., (1973), How To Solve It, A New Aspect of Mathematical Method, Princeton University Press, Princeton.

Windari, F., Dwina, F., dan Suherman, (2014), Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Smpn 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri ,Jurnal Pendidikan Matematika UNP3:25-28.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sirait, F., (2017), Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Di Kelas XI SMA Negeri 7 Medan, Jurnal Inspiratif, 3:No. 3, 35-51.

Daulay, A. P., (2014), The Difference Of Students™ Problem Solving Ability By Using Cooperative Learning Model Type Think-Pair-Share And Type Student Teams Achievement Division In The Topic Of Trigonometry In Grade X Of SMA Negeri 1 Perbaungan A.Y.2013/2014., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Apriliana, I., (2011), Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TPS Di Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung., Skripsi, FKIP Unila, Bandar Lampung

Anggreni, F., Surya, E., dan Hasratuddin, (2014), Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Antara Siswa Yang Diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan TPS Di SMP Negeri 5 Kota Langsa, Tesis, PPs, UNIMED, Medan

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles