PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN YANG BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING DI SMK NEGERI 2 MEDAN

Unni Mora Marlini Lubis, Ani Minarni .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar melalui problem based learning lebih tinggi dari yang belajar melalui discovery learning di SMK Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TP 1 sebanyak 34 orang dan kelas XI LP 1 sebanyak 34 orang. Kelas XI TP 1 belajar melalui problem based learning dan kelas XI LP 1 belajar melalui discovery learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini digunakan Teknik Statistik Deskriptif dan Inferensial. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk mendeskriptifkan data hasil penelitian dengan menghitung nilai rata-rata skor, standar deviasi dan varians. Teknik statistika inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata post-test 83,17, standar deviasi post-test 7,35 dan varians post-test 54,14. Pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata post-test 78,82, standar deviasi post-test 7,94 dan varians post-test 63,05. Dari analisis data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 1,858 > ttabel = 1,6693 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar melalui problem based learning lebih tinggi dari yang belajar melalui discovery learing di SMK Negeri 2 Medan.

 

Abstract

This research aimed to analyze whether the mathematical problem solving ability of students who learn through problem-based learning is higher than those who learn through discovery learning at SMK Negeri 2 Medan. The population in this research were all students of class XI SMK Negeri 2 Medan and sample in this research was class XI TP 1 involving 34 students and XI LP 1 involving 34 students. Class XI TP 1 learnt through problem based learning and class XI LP 1 learnt through discovery learning. This research was a quasi-experiment. In this research used a descriptive and inferential statistics technique. Descriptive statistical techniques are used to describe the research data by calculating the average score value, standard deviation and variance. Inferential statistical techniques are used to test hypotheses of the study, which the inferential techniques used in this study are the t-test. The results of the data analysis of the experimental class I obtained the post-test average value 83.17, post-test standard deviation 7.35 and a post-test variance 54.14. In the experimental class II gained the post-test average value 78.82, post-test standard deviation 7.94 and a post-test variance 63.05. From the post-test data analysis using t-test at the level off = 0.05 was obtained tcalculete = 1,858> ttable = 1.6693 means H0 rejected and Ha be accepted. It can be concluded that the mathematical problem solving ability of students who learn through problem-based learning is higher than those who learning through discovery learing at SMK Negeri 2 Medan.

 


Keywords


Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Cockcroft, W., 1982, Mathematics counts: Report into the teaching of mathematics inschools under the chairmanship of W.H. Cockcroft, UK: HMSO, London.

Lerner. 1988. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sanjaya, W., 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media, Bandung

Anggo, M., 2011, Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika, Jurnal Edumatica, Vol. 1. No. 1 : 25-32. ISSN: 2088-2157.

Ansari, B.I., 2009, Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Menajemen Belajar Konsep dan Aplikasi, Pena. Banda Aceh.

Sumarmo, U., dkk. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.: Tidak diterbitkan.

Mettes, C.T.W., 1979, Teaching and Learning Problem Solving in Science A GeneralStrategy. International Journal of Science Education, 57(3),882-885.

Sajadi, M., Amiripour, P., dan Malkhalifeh, M. R., 2013, The Examining Mathematical Word Problem Solving Ability Under Efficient Representation Aspect, Mathematics Education Trends And Research 2013, Vol. 1. No. 1 : 1-11.

Prasad, K. S., 2011, Learning Mathematics by Discovery, Academic Voices a Multidisplinary Journal, 1, 31-33.

Notoatmodjo, S 2015, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Sumartini, T .S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol.8, No.3, April 2016, P. 11, ISSN 2086 4280.

Napitupulu, N.S. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Hang Tuah-1 Belawan Tahun Pengajaran 2012/2013. Tesis. FMIPA UNIMED

Minarni, A., 2012, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, ISSN 978-979-16353-8-7.

Sa’diyyah, H. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Kalibawang. Universitas PGRI Yogyakarta.

Ramadhana, R., (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis antara Siswa yang Diberi Problem Based Learning dengan Siswa yang Diberi Discovery Learning pada MTs Al Jam’iyatul Washliyah Tembung, Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v5i2.24604

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi