UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMP YPK MEDAN

Eka Pratama Sari, Yasifati Hia .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam belajar matematika pada Materi Segiempat  setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII C Smp YPK Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Segiempat di kelas VII C YPK Medan8. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) matematika . Tindakan yang diberikan pada siklus I yaitu, Guru membuat skenario pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping, guru menyusun LAS sesuai dengan pokok bahasan segiempat, mempersiapkan instrumen penelitian, yaitu (1) TKBK I dan (2) lembar observasi untuk mengamati kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran mind mapping  menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 19 dari 29 siswa atau 65.52% dengan rata-rata kelas 6.72. Tindakan yang diberikan pada siklus II yaitu, kelompok yang ditentukan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis I, perhatian guru lebih difokuskan kepada siswa yang memiliki kemampuan rendah dan siswa tersebutlah yang menuliskan hasil diskusi mereka ke depan kelas, kelompok yang akan menyajikan hasil diskusi ditunjuk berdasarkan undian, dan memberikan penghargaan pertambahan nilai kepada kelompok terbaik. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 25 dari 29 siswa atau 86.21% dengan rata-rata kelas 7.93. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis  siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal makatematika pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini  ditemukan bahwa  penerapan model pembelajaran mind mapping  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII C SMP YPK Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills in mathematics in learning mathematics on quadrilateral after applying the Mind Mapping learning model. The subjects in this study were 29 students of class VII C SMP YPK Medan and the object of this research was the students' ability to think critically in mathematics on rectangular material in class VII C YPK Medan8. This research is a classroom action research (PTK) which consists of 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings and at the end of each cycle a mathematics critical thinking ability test (TKBK) is given. Actions given in cycle I, namely, the teacher makes learning scenarios by applying the mind mapping learning model, the teacher arranges LAS according to the subject of the quadrilateral, prepares research instruments, namely (1) TKBK I and (2) observation sheets to observe learning activities in class . The results of data analysis in the first cycle after applying the mind mapping learning model showed that the number of students who achieved learning completeness was 19 out of 29 students or 65.52% with a class average of 6.72. Actions given in cycle II, namely, the group determined based on the results of the critical thinking ability test I, the teacher's attention is more focused on students who have low ability and these students who write the results of their discussion to the front of the class, the group that will present the results of the discussion is appointed based on a lottery. , and give value added awards to the best groups. The results of data analysis at the end of cycle II with the same learning, it was found that the number of students achieved learning completeness, namely 25 out of 29 students or 86.21% with a class average of 7.93. This means that there is an increase in students' critical thinking skills from cycle I to cycle II. Based on the criteria for classical completeness, this learning mathematics has reached the target of classical completeness. The results of this study found that the application of the mind mapping learning model to improve students 'critical mathematical thinking skills on the subject of rectangles in class VII C SMP YPK Medan could improve students' critical thinking skills in mathematics.


Keywords


kemampuan berpikir kritis, belajar matematika, mind mapping.

Full Text:

PDF

References


Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penaggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fardani, Z. dan Surya, E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika untuk Membangun Karakter Bangsa. Program Studi Pendidikan Matematika PPS. Medan: Unimed.

Trianto, (2011), Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Murdani. dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang (Volume 1). Hlm. 22-32.

Suprijono, A.. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media

Al-tabany, Trianto. (2015). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.

Adhiawati, M. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika. Vol. 3, No. 2: 119-128.

Febianto, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningatkkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Belajar Matematika Siswa dan Dampaknya Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika, Vol. 1, No. 2: 241-256.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v5i2.24618

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi