PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TG. MORAWA

Lia Fidlatin Lubis, Erlinawaty Simanjuntak .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra, (2) Mengetahui peningkatan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra, (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data dalam pengembangan lembar aktivitas siswa digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis disimpulkan berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 39,42 dan (b) Aketercapaian indikator berada pada kriteria batasan keefektifan; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific yaitu diketahui dari rata-rata peningkatan kemapuan pemecahan masalah matematis pada ujicoba lapangan yaitu 79,41%; (3) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra adalah positif.

 

ABSTRACT

 

The objectives of this research were: (1) to know the effectiveness of student activity sheets developed using GeoGebra-assisted scientific approach, (2) to know the improvement of students' mathematical problem solving ability to student activity sheet developed with geoGebra assisted scientific approach, (3) to know students' response to learning using student activity sheet developed with GeoGebra-assisted scientific approach. The study used the 4-D model (Four D Model) proposed by Thiagarajan, Semmel and Semmel which has been modified consisting of three stages: define, design stage, and development stage. It used  descriptive statistical analysis techniques to analyse the data in the development of student activity sheet. The result of the research showed that: (1) the effectiveness of student activity sheet developed using GeoGebra-assisted scientific approach in an effort to improve the problem solving ability of mathematics was concluded based on: (a) student's learning completeness was 39,42  and (b) the achievement of indicator was on the criterion of effectiveness limitation ; (2) improvement of students' mathematical problem solving ability to student activity sheet developed using scientific approach that was known from the average of the increase of capability of mathematical problem solving on field trial was 79,41%; (3) Student response to component and learning activity using GeoGebra assisted scientific approach was positive.


Keywords


Lembar Aktivitas Siswa, Scientific, GeoGebra, Pemecahan masalah matematis.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nida. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Depdiknas. 2006. Permen 22 Th. 2006-Standat Isi. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMP-MTS. Jakarta.Dirjen Managemen Balitbang, depdiknas.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Agus, Suprijono. 2014 Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budi, A.I.M, Suparta, I.N, dan Wisna, A.P. 2016. “Penerapan LKS Interaktif berbasis Software Geogebra dengan setting Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMAN 4 Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Polya, G. 1985. How To Solve It 2nd ed Princeton University Press. New Jersey.

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y.S., and Darhim.. 2013. Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E, Vol. 4 No. 1, pp. 113-126.

Wulandari, NJM Sinambela. 2017. Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem BasedLearning di MAN Kisaran. Inspiratif Jurna Pendidikan Matematika, 3(20, 102-108l pendidikan Matematika, 3(20, 102-108.

Surya, E. 2009. Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 4 (1): 14 – 17.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v6i1.24627

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi