ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN

Adelina Natalia Lubis, Brigita Wati Br Ginting, Della Permata Rahmah, Martha Lestari Hutagalung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keslahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Turunan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Hasil penelitian ini adalah siswa melakukan kesalahan perhitungan 2,5% dan kesalahan konsep 6,25%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi turunan adalah siswa tidak memahami konsep turunan secara mendalam, tidka mengingat rumus turunan, dan sering keliru dalam operasi baik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

 

Abstract - This study aims to determine the errors made by students in solving math problems on Derivative material. This research was conducted at SMA Negeri 1 Pancur Batu in the odd semester of the 2021/2022 academic year with 20 students as research subjects. This research is a qualitative research that is descriptive and uses analysis. The results of this study were students made a calculation error of 2.5% and a concept error of 6.25%. The factors that cause students to make mistakes in solving math problems on derived material are students don't understand the concept of derivatives in depth, don't remember derivative formulas, and often make mistakes in operations both addition, subtraction, multiplication and division

 

 


Keywords


error analysis, derivative

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Tentrem. Dwi. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI TKJ SMK Kuncup Samigaluh dalam Menyelesaikan Soal Uraian pada Materi Limit dan Turunan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Fitri, Nurul, et al. (2019). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan Pada Siswa Kelas XII. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 66.

Apriliyanto, Broto. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), pp 117-125.

Hasannah, Huswatun. 2019. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu, 2(1), pp 76-84.

Purcell, Edwin. J., Dale Varberg. 1995. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v7i2.28389

Article Metrics

Abstract view : 817 times
PDF - 1164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi