PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 23 MEDAN

Mei Wika T Sihombing, Budi Halomoan Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan interview, pemberian tes tertulis, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap: mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan hasil. Proses reduksi dilakukan dengan cara mengelompokkan dan mengorganisasikannya. Selanjutnya adalah proses pemaparan data, baik dalam bentuk narasi, tabel, ataupun grafik, sehingga menggambarkan hasil tindakan secara singkat dan terperinci. Paparan informasi yang didapat kemudian dibandingkan dengan indikator-indikator keberhasilan yang digunakan dan selanjutnya adalah menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pendekatan matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. 

Abstract--This research was purposed to determine the increase the ability of students' mathematical reasoning with realistic mathematics approach. This research is a classroom action research (PTK), conducted in two cycles, each performed in 2 sessions. This research was conducted on 36 students of class VIII-D SMP Negeri 23 Medan. Taking of data obtained through interviews, observations, and written tests. Data analysis techniques are done through three stages: reducing data, exposing data, and summing up results. The process of reduction is done by grouping and organizing it. Next is the process of exposure of data, either in the form of narration, tables, or graphs, so that describes the results of actions in brief and detailed.The information obtained is then compared with the success indicators used and then the conclusion is drawn. Based on the results of this study concluded that the ability of students has increased mathematical reasoning after applying realistic mathematics approach to the material of Linear Equation System of Two Variabels


Keywords


Pendekatan Matematika Realistik, PTK, sistem persamaan linear dua variabe

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No. 506/C/PP/2004. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Lestari L and Surya E 2017 The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students ’ Mathematical Concept Understanding Int. J. Sci. basic Appl. Res. 34 91– 100.

Tarigan, R..(2006). Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta:Bumi Aksara.

N.R. Rizqi, and E. Surya. An Analysis Of Students’ Mathematical Reasoning Ability InVIII Grade Of Sabilina Tembung Junior High School. IJARIIE-ISSN(O)-2395- 4396. Vol-3 Issue-2. pp 3527-3533. 2017

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. [6] Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v7i1.32603

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

       KARISMATIKA :

       Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi