ANALISIS KECACATAN KEMASAN PRODUK AIR MINERAL DALAM UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PRODUK DENGAN PENDEKATAN DMAIC SIX SIGMA (Studi Kasus : PT.TIRTA SIBAYAKINDO)
Abstract
ABSTRAK
Perusahaan yang memberikan perhatian yang besar terhadap kualitas produk yang dihasilkannya adalah perusahaan yang berpeluang memenangkan persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecacatan kemasan produk air mineral di PT Tirta Sibayakindo, Brastagi – Sumatera Utara sebagai bagian dari upaya perbaikan kualitas produk pada perusahaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Six Sigma dengan pendekatan DMAIC yakni Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai level sigma terendah untuk jenis kecacatan adalah cacat tutup pada tiap jenis kemasan, yakni Cup 240 ml, Botol 600 ml, Gallon 19 l berturut-turut 3,64; 3,84; 3,78, dengan jumlah cacat (DPMO, defects per million opportunities) sebanyak 15.393,15 ; 9.154,63 ; 10.145,77 per satu juta jumlah produksi. Hal yang sama juga diperoleh berdasarkan diagram pareto, cacat tutup adalah cacat dengan persentase tertinggi yakni 49,3 %, jauh diatas dua jenis cacat lainnya 31,3% untuk cacat wadah dan 19,4% untuk cacat volume. Meskipun begitu, dari grafik kendali diperoleh fakta bahwa jumlah cacat yang terjadi untuk tiap kemasan baik cacat tutup, cacat wadah maupun cacat volume masih berada dalam batas wajar ( batas garis bawah/LCL – batas garis atas/UCL).
Kata kunci : DMAIC, DPMO, Pengendalian kualitas six sigma
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v3i1.8830
Article Metrics
Abstract view : 649 timesPDF - 3300 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi
KARISMATIKA :
Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi