PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHAN GALIAN INDUSTRI PADA SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN

Habibullah Hasibuan

Abstract


Abstrak Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) pada materi mengidentifikasi bahan galian industri di SMK Negeri 1 Samadua Aceh Selatan pada kelas XI yang berjumlah 15 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi bahan galian industri. Dari hasil pengamatan dan penilaian hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 13,33% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II. Dengan demikian, upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pemebelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) di kelas XIGEOPER SMK Negeri 1 Samadua Aceh Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi bahan galian industri.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, teknik team Games Tournament, hasil belajar, siswa, sekolah menengah kejuruan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.