UPAYA MENINGKATKAN KOPETENSI GURU DENGAN MENERAPKAN MULTI METODE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH SD 101768 TEMBUNG

Zuraidah Zuraidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan multi metode akan meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Keberhasilan pendampingan kepala sekolah terhadap kopetensi guru dalam menerapkan multi metode.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: dengan menggunakan multi metode dengan pendampingan kepala sekolah diharapkan guru dapat meningkatkan kopetensi dalam mengajar di SDN 101768 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini dilakukan terhadap seluruh guru di SDN 101768 Tembung yang berjumlah 16 orang, dengan menggunakan multi metode untuk meningkatkan kinerja guru. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi awal, nilai guru Pada siklus I nilai rata-rata yang berhasil yaitu 37,50 %, 6 dari 16 orang sedangkan pada siklus II terjadi kenaikan yang sangat signifikan, nilai rata-rata yang berhasil 81,25 % dan ini 13 orang dari 16 orang%), selisih atau peningkatannya pada siklus I dan siklus II (43,75 % ). Kesimpulan; pendampingan kepala sekolah terhadap kompetensi guru dalam menerapkan multi metode pembelajran di SDN 101768 Tembung. Dengan demikian, kompetensi guru dapat meningkat dengan menerapkan multi metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran di SDN 101768 Tembung Kabupaten Deli Serdang.

Kata Kunci: kompetensi guru, multi metode, pendampingan, kepala sekolah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.