MENINGKATKAN KINERJA GURU BIOLOGI SMA NEGERI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Seven Sumihar Sihombing

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kinerja guru biologi dalam pembelajaran di
SMA Negeri setelah memperoleh pembinaan melalui supervisi klinis; (2) mengetahui
peningkatan kinerja guru biologi dalam pembelajaran di SMA Negeri. Metode penelitian ini
adalah kualitatif atau penelitian tindakan dengan pendekatan observasi. Subjek penelitian
adalah guru biologi SMA Negeri berjumlah empat orang. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data lembar penilaian observasi kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran
(APKG 1), pelaksanaan pembelajaran (APKG 2), dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) pra siklus rata-rata kinerja guru yaitu merencanakan adalah 68,7 dengan
kategori cukup, melaksanakan adalah 65,6 dengan kategori cukup, dan menilai hasil proses
pembelajaran adalah 68,7 dengan kategori cukup; (2) siklus pertama rata-rata kinerja dalam
merencanakan adalah 74,3 dengan kategori cukup, melaksanakan adalah 74,2 dengan kategori
cukup, menilai hasil proses pembelajaran adalah 75 dengan kategori baik; (3) siklus kedua ratarata kinerja guru dalam merencanakan adalah 95 dengan kategori sangat baik, melaksanakan
adalah 96,6 dengan kategori sangat baik, menilai hasil proses pembelajaran adalah 98,75
dengan kategori sangat baik; (4) rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran dari pra
siklus, siklus pertama, dan siklus kedua yaitu merencanakan adalah 79,5 dengan kategori baik,
melaksanakan adalah 78,8 dengan kategori baik, dan menilai hasil proses pembelajaran adalah
80,8 dengan kategori baik, telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan; (5)
supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru biologi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kinerja, Guru, Pembelajaran, Supervisi, Klinis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.