UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU KIMIA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ILMIAH DI SMA NEGERI KOTA TAKENGON
Abstract
Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia melalui supervisi akademik model ilmiah di SMA Negeri si Kota Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
sekolah (action research) yang melibatkan 4 orang guru kimia yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian adalah berupa lembar observasi, yang terdiri atas dua parameter pengukuran, yaitu observasi terhadap kemampuan mengajar guru dan tampilan Rencana
Pelaksanaan Pembalajaran sebagai produk yang dihasilkan guru. Data awal penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 66,72 dan setelah dilakukan tindakan supervisi akademik
model ilmiah meningkat menjadi 76,51 pada siklus I, kemudian meningkatsecara signifikan menjadi 91,04 pada siklus II. Adapun setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru kimia sebesar 25%, danberanjak dari refleksi yang dilakukan di siklus I, maka pada siklus II diberikan tindakan yang optimal maka diperoleh 100% guru meningkat kemampuan mengajarnya dengan indicator jika semua guru kimia mencapai nilai ≥ 80 maka penelitian ini dianggap tuntas.
Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik model ilmiah mampu meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia. Diharapkan agar supervisi akademik model ilmiah dapat diimplementasikan oleh supervisor dalam membina guru khususnya guru kimia.
Kata Kunci.Kemampuan mengajar, supervisi akademik, model ilmiah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 89 timesPDF - 133 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.