PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BEBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 101987 BINTANG BAYU

Roby Zulfianda Purba, Lala Jelita Ananda, Dr. Irsan, Daitin Tarigan, Septian Prawijaya

Abstract


This research aims to determine the feasibility, practicality and effectiveness of interactive learning media based on Jigsaw type Cooperative Learning with the help of Articulate Storyline on theme 5 sub theme 1 class V SD Negeri 101987 Bintang Bayu. This research was carried out at SD Negeri 101987 Bintang Bayu. The population in this study was 12 class V students at SD Negeri 101987 Bintang Bayu. This type of research is Research and Development. The research procedure will be carried out through 5 stages, namely analysis, design, media development, implementation and evaluation. The research results in this study are: interactive learning media based on Jigsaw type Cooperative Learning with the help of Articulate Storyline on theme 5 sub theme 1 class V SD Negeri 101987 Bintang Bayu obtained a feasibility score for media experts of 4.73 (Very Eligible), and a score for material experts of 4.73 (Very Appropriate) so it is in the "Very Appropriate" category as a learning medium. The practicality score obtained a score of 97% in the "Very Appropriate or Very Practical" category as a learning medium. The effectiveness score is in the "Effective" category as a learning medium. This is proven by the score obtained from media experts of 0.66 (Effective), this is proven by the results of the gain normality test which obtained 0.66 which is included in the pool 0.3 ≤ g ≤ 0.7 in the effective category.

Keywords: Development, Cooperative Learning, Articulate Storyline


Full Text:

PDF

References


Ananda, L. J., & Nuraini, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 101969 TANJUNG PURBA. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(1), 8-16.

Anggraini, W., Kurniawan, F., Susilawati, S., & Hasna, A. (2020). Validitas dan realibilitas instrumen teori pilihan karir Holland di Indonesia. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 68-73.

Anwar, N., Johar, R., & Juandi, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1).

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyani, R. W., & Huda, K. (2016). Situs Masjid Agung Sewulan (Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah SMP/MTsN). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 6(02).

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plambing di program studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 95-104.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Fathoni, A., & Ismayati, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Adobe Flash di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). Fransisca, M. (2017). Pengujian validitas, praktikalitas, dan efektivitas media e-learning di sekolah menengah kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17-22.

Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta'dib, 16(1).

Listriani, L., & Nasution, A. S. (2022). Desain Pembelajaran Perkalian dengan Permainan Kartu Bilangan di Kelas II SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 688-696.

Meyta Pritandhari, W. (2020). Analisis Penggunaan Modul terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pajak. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(1), 69-74.

Mulyaningtyas, R., & Nurjanah, E. (2021). MEDIA PERKULIAHAN DARING DI JURUSAN TBIN IAIN ULUNGAGUNG. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 21-31.

Megayanti, M. (2016). IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MALAS BELAJAR PADA KELAS V. BASIC EDUCATION, 5(30), 2-848.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 45-54.

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(2).

Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(1), 50-58.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87-99.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web Articulate Storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Saputra, M. R., & Maknun, L. (2022). Konsep dan Pengaplikasian Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tingkat MI/SD. EduBase, 3(1), 98-109.

Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257-275.

Sriadhi, S., & Medan, U. N. (2019). Instrumen penilaian multimedia pembelajaran. Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran.

Subagyo, J. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi sel. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Sutirman. (2013). Media Dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).




DOI: https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.66032

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar

width=      

EDITORIAL OFFICE

JURNAL MERAH PUTIH SEKOLAH DASAR (JMPSD)

 

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email:jurnal_merahputih@unimed.ac.id

Administrator Phone: +62-81389140324

      

slot gacor slot