EVALUASI ERGONOMI DAN KEAMANAN KONSTRUKSI TANGGA PADA GEDUNG FAKULTAS TEKNIK DAN REKAYASA UNIVERSITAS SELAMAT SRI

Hajizah Azmi Siregar, Noya Yukari Siregar

Abstract


Universitas Selamat Sri atau sering dikenal sebagai UNISS merupakan salah satu universitas swasta yang berada di Jawa Tengah dan satu-satunya universitas yang berada di kabupaten Kendal. Semua gedung di UNISS memiliki 2 lantai dimana setiap fakultas memiliki kemiripan desain pada gedungnya termasuk anak tangga. Pada penelitian ini, peneliti melakukan pengamatan terhadap tingkat ergonomis pada anak tangga di gedung fakultas teknik dan rekayasa. Pada gedung fakultas teknik dan rekayasa lantai 2 digunakan sebagai ruang kelas dan kebanyakan kelas pada fakultas teknik dan rekayasa dilaksanakan pada jam malam. Perlunya dirasa untuk merancang anak tangga yang ergonomi agar menjamin kenyamanan dan kesalamatan seluruh pengguna gedung fakultas teknik dan rekayasa. Penelitian ini dilakukan melakukan pengamatan secara langsung pada anak tangga di fakultas teknik dan rekayasa, yang hasil penelitiannya akan menunjukan seperti apa anak tangga yang ergonomic yang dapat di gunakan sebagai acuan untuk mendesain anak tangga pada bangunan yang akan datang, sehingga tangga memberikan keamanan dan kenyamanan ketika digunakan.

Keywords


Anak tangga, ergonomi, keamanan.

Full Text:

JNTSA 2

References


Afif, I. S. (2017). Perancangan Produk Meja dan Alat Bantu Mencanting yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD).

Hasan, I., & Wicaksana, B. I. A. (2017). Analisis Konstruksi Tangga Ditinjau dari Aspek Ergonomi. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi. 5(2)94-105.

Hutabarat, Y. (2017). Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi.

Hardiyanto, I., & Yassierly. (2014). Ergonomi Suatu pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Karenina, F. (2017). KAJIAN LITERATUR TANGGA YANG ERGONOMIS.

Kholiq, A. (2015). ANALISIS STRUKTUR TANGGA PROYEK PEMBANGUNAN RSUD CIDERES MAJALENGKA. J-ENSITEC, 1(02).

Prasetiyo, E. Y. (2018). STUDI KUALITAS TANGGA GEDUNG BERTINGKAT KAMPUS I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Wikantari, R., Ishak, R. A., & Radja, A. M. (2018). Perencanaan Lingkungan dan Rumah Tanggap Bencana di Pulau Sapuli Kabupaten

Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(2), 117-126.




DOI: https://doi.org/10.24114/jntsa.v2i1.23008

Article Metrics

Abstract view : 511 times
JNTSA 2 - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : jurusanptb@unimed.ac.idÂ