PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING

Jefri Soni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar guru rumpun mata pelajaran IPA dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) melalui penerapan supervisi akademik berbasis coaching. Subjek dalam penelitian ini adalah guruguru rumpun mata pelajaran IPA di Kelas X SMAN Unggul Aceh Timur pada tahun pelajaran 2013/204 yang berjumlah 5 orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), melaksanakan pembelajaran
dengan SPI, dan ketuntasan klasikal siswa dalam pembelajaran tersebut. Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun RPP mencapai skor 75,71%, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan SPI mencapai skor 67,50%, dan terdapat 2 kelas dengan ketuntasan klasikal dengan ketuntasan klasikal dibawah 85% dengan rata-rata keseluruhan 89,52%.
Pada siklus kedua dicapai hasil bahwa rata-rata kemampuan guru menyusun RPP
mencapai skor 97,14%, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran SPI mencapai 87,22%, dan persentase ketuntasan klasikal siswa minimal 85,71% hanya pada satu kelas. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan penerapan supervisi akademik berbasis coaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri.


Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, supervisi akademik, coaching


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 441 times
PDF - 638 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.