PENGELOLAAN LABORATORIUM SEKOLAH (Kasus Laboratorium SMA Unggul Del Tapanuli Utara)
Abstract
Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apa sebenarnya laboratorium bagi siswa; (2) untuk mengetahui pentingnya laboratorium serta kelengkapan fasilitas dalam mendukung dan menunjang pembelajaran sains bagi siswa SMA Unggul Del; dan (3) untuk mengetahui bagaimana proses dan pentingnya keselamatan kerja siswa dalam laboratorium. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode deskriptif analitis, dengan menggunakan instrumen dalam bentuk quisioner. Jumlah sumber data ditentukan 108 siswa sebagai koresponden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan responden mengakui bahwa telah mengetahui dan memahami peran pentingnya keberadaam laboratorium dalam menunjang proses pembelajaran sains; (2) Secara keseluruhan responden patuh dan menyadari pentingnya keselamatan kerja di dalam laboratorium; (3) Kegiatan praktik langsung di dalam laboratorium sangat efisien mengingat fasilitas yang sangat mendukung baik berupa alat maupun bahan yang di perlukan dalam menunjang dan mendukung pelaksanaan praktikum itu sendiri.
Kata Kunci: pengelolaan, laboratorium sekolah, fisika, SMA DEL
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1000 timesPDF - 2653 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.