EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DI TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Gusti Maldy Sastra, Darwin Darwin, Sukarma Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah bidang studi geografi takengon pada guru SMAN di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode-metode penelitian kualitatif dan data dikumpuli dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam temuan penelitian pada pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah, input yang didapatkan dari instrumen observasi yang diisi oleh empat guru sebagai responden penelitian, diketahui pelaksanaan pembelajaran pada umumnya sudah dalam kategori baik. Proses supervisi akademik dimulai dari kunjungan individual model kunjungan kelas merupakan teknik pembinaan guru oleh pengawas sekolah untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Hasil dapat dilihat dari bukti fisik yaitu daftar penilaian siswa yang memuaskan. Hasil yang diperoleh tidak terlepas dari peran serta pengawas sekolah dalam membantu guru guna pencapaian tujuan pembelajaran. Disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah terdapat kesesuaian antara teori dengan temuan penelitian yang didapatkan di lapangan.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 553 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.