Pemahaman Guru PJOK Tentang Pengaruh Kesiapan Mental Terhadap Pencapaian Prestasi Olahraga

Amirzan Amirzan, Indra Kasih, M. Yahya

Abstract


Guru Penjasorkes disamping melaksnakan tugasnya sebagai guru dalam pembelajaran olahraga, tretappi ada kalanya mereka harus mampu melatih siswanya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan di sekolah maupun di luar sekolah. Sehingga tidak jarang fungsinya dituntut ganda selain sebagai guru juga ia harus mampu sebagai pelatih. Namun kenyataan di lapangan terkait dengan pembinaan mental sering diabaikan oleh guru Penjasorkes, sehingga prestasi yang diharapkan sulit dicapai, sampel 12 orang yang terdiri dari guru penjasorkes yang mengajar di SMP Negeri dalam Wilayah Kecamatan Padangtiji. Penelitian dengan mengedarkan angket tertutup dan angket terbuka dengan jumlah pertanyaan 21 soal, dan pengeolahan data dengan menggunakan statistik sederhana yakni menghitung porsentase. Dari hasil penelitian maka pertanyaan penelitian “Apakah guru Penjasorkes/PJOK telah memahami manfaat kesiapan mental terhadap pencapaian prestasi siswa”. Maka jawabanya adalah mereka sangat memahami bahwa kesiapan mental sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi dan pertanyaan penelitian “Apakah guru PJOK telah mampu meningkatkan sikap mental siswanya melalui kegiatan pembinaan, pelatihan dan pengajaran yang dilakukan di sekolah?”, maka jawabannya bahwa tidak mampu meningkatkan  kondisi mental siswa karena mereka tidak memahami bagaimana prosudur dan konsep pembinaan mental.

Keywords


pemahaman, guru penjasorkes, kesiapan mental

Full Text:

PDF

References


Bompa, T.O. (1990). Theory and methodology of training. J.Fox (Eds). (2nd Ed.). Dubuque, Iowa: Kendall/Hunt Publications.

Bunda Lucy, . (2012). Optimalkan Kecerdasan Otak. Jakarta : Plus.

Dimyati & Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono (1994). Pola Dasar Pembinaan Olahraga, Bandung : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Jamaris Martini, (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta Pusat: Yayasan Penamas Murni

Komarudin dan Yusuf Hidayat, (2006). Psikologi Olahraga. Latihan Mental dalam Olahraga Kompetitif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Magill A. Richard, (2011). Motor Learning and Control Concepts an Aplication, New York University Mc Graw Hill Companies, Inc

Muhajir, (2013). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA Kelas XII, Jakarta : Erlangga

Mutohir, Toho Cholik, .(2002). Gagasan_Gagasan Tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Cet. Pertama, Surabaya : Unesa Universiti Press.

Mylsidayu, Apta. (2014) Psikologi OLahraga, Penerbit : Bumi Aksara. Jakarta

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya

Oemar Malik, (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supartono, (2000). Sarana Dan Prasarana Olahraga. Jakarta Departemen Pendidikan jasmani

Sanjaya Wina, (2013). Strategi Pembelajara Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenadamedia.

Timothy D. Walker (2017) Teach Like Finland , Mengajar Seperti Finlandia, Cet. Kedua, Jakarta : PT. Gramedia Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i2.13020

Article Metrics

Abstract view : 491 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Amirzan Amirzan, Indra Kasih, M. Yahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License