PENGEMBANGAN GREEN TICKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DAN PELESTARIAN EKOSISTEM WISATA PULAU TIBAN

Ade Rustiana, Nina Farliana, Ubaedul Mustofa

Abstract


Abstrak

Pulau Tiban adalah objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kartikajaya dan merupakan satu-satunya wisata pulau di Kabupaten Kendal yang menarik untuk dikunjungi. Permasalahan yang dihadapi Pokdarwis desa Kartikajaya adalah kurangnya kesadaran wisatawan dalam menjaga kelestarian alam lokasi wisata, kurangnya kemampuan manajerial tentang cara pengembangan wisata dengan mengedepankan kelestarian ekosistem yang ada, serta pengelolaan objek wisata yang masih sederhana. Tujuan kegiatan pengabdian ini yang pertama adalah untuk memberdayakan wisata Pulau Tiban Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal melalui pengembangan green ticketing sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelestarian ekosistem. Tujuan kedua adalah memberikan kontribusi positif dari adanya pemberdayaan Pokdarwis melalui pengembangan green ticketing, sehingga mampu memberikan nilai lebih tidak hanya pada lingkungan dan ekonomi, tetapi juga kesejahteraan masyarakat lokal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemberdayaan dan pengembangan green ticketing wisata yang dilakukan dengan metode pelatihan yang menghasilkan keterampilan, metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi serta pendampingan. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian adalah meningkatkan wasasan dan pengetahuan baru pokdarwis desa Kartika jaya tentang pengelolaan wisata, meningkatkan kesadaran pokdarwis dan masyarakat terhadap kelestarian alam lokasi wisata dan adanya pemberdayaan pengembangan green ticketing.

Kata Kunci: Pulau Tiban, Green Ticketing, Ekowisata


Abstract

Tiban Island is a tourist attraction managed by Tourism Awareness Group (Pokdarwis) Kartikajaya and only one tourist island in Kendal Regency that is interesting to visit. The problem faced by Pokdarwis in Kartikajaya village is lack awareness of tourists in preserving the natural preservation of tourist sites, lack of managerial ability how to develop tourism by prioritizing the preservation of existing ecosystems, as well as managing simple tourist objects. The aim of service acticities, first is to empower the Tiban Island tourism in Kartikajaya Village, through the development of green ticketing as an effort to empower the community's economy and preserve the ecosystem. The second is make positive contribution to empowering Pokdarwis through the development of green ticketing, so as to provide usefullness not only to environment and economy, but also to the welfare of local communities. The method of implementing community service activities are empowerment and development of green ticketing tours is carried out by training methods that produce skills, lecture methods, discussion, simulation and mentoring. The results are increase the awareness and new knowledge Pokdarwis about tourism management, increase the awareness and the community towards the natural preservation of tourist sites and empower the development of green ticketing.

Keywords: Tiban Island, Green Ticketing, Ecotourism


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i3.11748

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 484 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.