PEMBERDAYAAN MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NUSA CENDANA UNTUK PENGHAPUSAN STIGMA PADA ORANG DENGAN HIV DAN AIDS

Imelda F.E. Manurung

Abstract


Stigma pada orang dengan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrom (AIDS) adalah salah satu faktor penghambat dalam pengendalian penularan penyakit ini. Mahasiswa adalah kaum intelektual yang diharapkan dapat menjadi agen peubah yang potensial dalam kampus dan masyarakat. Namun masih banyak mahasiswa FKM yang masih memberikan stigma pada penyakit HIV dan AIDS. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa FKM untuk terlibat dalam penghapusan stigma pada orang dengan HIV dan AIDS (ODHA). Metode pelaksanaan yaitu dengan pelatihan, kunjungan ODHA dan praktek dikampus. Hasil dari pengabdian terbentuk 2 kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk melakukan kampanye penghampusan stigma terhadap ODHA. Selain itu mahasiswa juga mampu menyusun materi dan melakukan kampanye pengahapusan stigma pada ODHA di kampus. Dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa FKM dapat diberdayakan untuk kegiatan kampanye HIV dan AIDS. Mahasiswa adalah individu yang potensial sebagai agen peubah bagi remaja milenial dalam pencegahan HIV dan AIDS.

 

Kata kunci: Pemberdayaan, Stigma, HIV dan AIDS.

Abstract

Stigma in people with HIV (Human Immunodeficiency Virus) and Acquired Immuno Deficiency Syndrom (AIDS) is one of the inhibiting factors in controlling the transmission of this disease. Students are intellectuals who are expected to be potential agents of change within the campus and society. However, there are still many FKM students who still stigmatize HIV and AIDS. Therefore this activity aims to empower FKM students to be involved in eliminating the stigma on people living with HIV and AIDS (PLWHA). The method of implementation is by training, visiting PLWHA and practicing in the campus. The results of the service were formed by two groups of students who had the ability to campaign for the elimination of stigma against PLWHA. In addition, students are also able to compile material and conduct campaigns to eliminate stigma on PLWHA on campus. From this service it can be concluded that FKM students can be empowered for HIV and AIDS campaign activities. Students are potential individuals as agents of change for millennial teenagers in the prevention of HIV and AIDS.

Keywords:Empowerment, Stigma, HIV and AIDS.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i1.13946

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 331 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.