KEGIATAN TRANSFER PENGETAHUAN DENGAN METODE DRILL TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) BENGKAYANG DAERAH PERBATASAN

Priska Vasantan, Helena Anggraeni Tjondro Sugianto, Apriyon Yosef, Arlianto Atet, Panra Panra

Abstract


Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten di daerah perbatasan dan baru terentaskan dari ketertinggalan namun di beberapa pelosok daerah masih tergolong tertinggal baik dalam dunia pendidikan, spiritual. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang berperanan penting pada peningkatan kualitas sumber daya manusia pada era revolusi industri 4.0 ini melalui programnya yaitu Making Indonesia 4.0. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia mulai dari pendidikan dasar. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan metode drill dengan pelbagai latihan yang memotivasi keaktifan siswa berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki sehingga memengaruhi proses transfer pengetahuan dan student learning center. Kegiatan pendampingan proses pembelajaran ini diberlakukan terhadap siswa kelas 4, 5 dan 6 khususnya pada mata pelajaran Matematika dan pengenalan Bahasa Inggris. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah diperolehnya metode pembelajaran yang lebih baik melalui metode drill serta penggunaan poster pembelajaran sehingga mempermudah transfer pengetahuan kepada siswa SDN ini. Metode pembelajaran ini dapat digunakan oleh pihak sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Revolusi Industri 4.0; Making Indonesia 4.0; Transfer Pengetahuan.

Abstract

Bengkayang Regency is one of the regencies in the border area and has only been eliminated from underdevelopment, but in some areas the region is still classified as good in the world of education, spiritual. Education is one aspect that plays an important role in improving the quality of human resources in the era of the industrial revolution 4.0 through its program, Making Indonesia 4.0. Therefore, this community service activity is carried out aimed at increasing human resources starting from basic education. This mentoring activity is carried out by the drill method with various exercises that motivate student activity based on local wisdom that is owned so that it affects the process of knowledge transfer and student learning center. The learning process assistance activities are applied to students in grades 4, 5 and 6, especially in Mathematics and English introduction. The results of these community service activities are getting better learning methods through the drill method and the use of learning posters so as to facilitate the transfer of knowledge to these SDN students. This learning method can be used by the school so that it can improve student learning outcomes.

Keywords: Industrial Revolution 4.0; Making Indonesia 4.0; Knowledge Transfer.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i4.14610

Article Metrics

Abstract view : 435 times
PDF - 491 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.