PENERAPAN URUN DAYA BERBASIS INTERNET UNTUK PEMENUHAN BAHAN BAKU PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BATIK SIDOARJO DAN UKM MEKAR SARI SURABAYA

Vivine Nurcahyawati, Sri Hariani Eko Wulandari, Erwin Sutomo

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan kali ini adalah untuk mendukung mitra dalam rangka memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Untuk memenuhi kebutuhan mitra tersebut maka kegiatan yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan sebuah aplikasi yang menerapkan konsep Urun Daya Berbasis Internet (crowdsourcing) untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya bahan baku pada UKM Batik Sidoarjo dan UKM Mekar Sari. Untuk selanjutnya mitra didampingi saat menerapkan aplikasi tersebut dalam sebuah kegiatan pelatihan. Berdasarkan hasil kuesioner, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan mitra untuk mengelola sumber daya bahan bakunya serta dapat mengatasi permasalahan mitra dalam hal pemenuhan sumber daya bahan bakunya. Rangkaian kegiatan pelatihan dan implementasi hasil pelatihan ini berlangsung sekitar 6 bulan (Juli-Desember 2019). Kegiatan ini melibatkan dosen sebagai peneliti dengan kepakaran yang terkait dan juga mahasiswa sebagai asisten pelatihan. Luaran yang dihasilkan dari aktifitas ini adalah berupa modul-modul pelatihan, publikasi ilmiah laporan hasil kegiatan dan hak cipta atas produk yang telah dihasilkan.

Kata kunci: Urun Daya; Bahan Baku; Penerapan Aplikasi.

Abstract

The Community Partnership Program (PKM) is to support partners in order to provide solutions to the problems they face. To meet the needs of these partners, the activity carried out is to prepare an application that applies the concept of crowdsourcing to meet the needs of raw material resources in Batik Sidoarjo UKM and Mekar Sari UKM. Furthermore, partners are accompanied when implementing the application in a training activity. Based on the results of the questionnaire, this training can improve partners 'ability to manage their raw material resources and can overcome partners' problems in terms of meeting their raw material resources. The series of training activities and implementation of the training results took place around 6 months (July-December 2019). This activity involves lecturers as researchers with related expertise and also students as training assistants. Outputs generated from these activities are training modules, scientific publications on activity reports and copyright on products that have been produced.

Keywords: Crowdsourcing; Raw Material; Application Implementing.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16829

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.