MEMBERDAYAKAN ANAK-ANAK MELALUI GELAR TIKAR (STUDI KASUS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA DEPOK JAWA BARAT)

Agustinus Rustanta, Devany Dwi Putri Halim, Bella Damaica Sabatini, Nuzlita Andarini

Abstract


Artikel ini merupakan artikel tentang pelaksanan pengabdian kepada masyarakat oleh civitas akademik STIKS Tarakanita. Para pengabdi adalah dosen dan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi yang tergerak untuk membina anak-anak yatim-piatu di Depok Jawa Barat. Tujuan layanan ini adalah untuk memberdayakan anak-anak yatim piatu. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pendampingan kepada anak-anak ini adalah dengan mendampingi mereka dalam belajar; belajar Bahasa Inggris dan pendampingan mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) sekolah mereka. Kegiatan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi anakanak panti asuhan nemun juga berguna bagi para mahasiswa sebagai pendamping. Mahasiswa mendapat pengalaman mengelola anak-anak untuk memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang positif, mahasiswa mendapatkan pembelajaran untuk bersabar dan kreatif sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dan menyenangkan sehingga anak-anak termotivasi untuk memanfaatkan waktu luang mereka dengan hal-hal yang bermanfaat. Anak-anak panti asuhan juga mendapatkan pembimbingan yang rutin dilakukan oleh para mahasiswa.

Kata kunci: Layanan; Gelar Tikar; Yatim-Piatu; Pengabdian Kepada Masyarakat.

Abstract

It is about student’s participation to Campus Social Responsibility of STIKS Tarakanita civitas Akademik. The participants are a lecturer and students of communication study program and the subjects of this activity are are children in an orphanage house in Depok, 30 km from campus. The objective of the service is to empower the unlucky children. Method used is accompanying them to do something useful such as learning English and studying for their lessons. By doing so, they do not wander on the street and in malls nearby. By doing this kind of activity, there are two parties getting the advantages from this social service activity. Students are learning how to teach others. It is something useful for their lives and the students are also learning how to appreciate their teachers. On the other hand, the children of Gelar Tikar spend their time with something beneficial to their lives.

Keywords: Gelar Tikar; Social Service; Orphanage; Campus Social Responsibility.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16830

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.