PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PENELITIAN UNTUK JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL BAGI GURU BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI BENGKULU TENGAH

Alamsyah Harahap, Wisma Yunita

Abstract


Kemampuan menulis khususnya menulis artikel ilmiah berbasis penelitian menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari profesi keguruan. Menulis artikel untuk jurnal ilmiah merupakan salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat bagi guru terutama Golongan IVb ke atas, sesuai Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993. Namun faktanya banyak guru yang belum melakukan publikasi ilmiah atau belum mampu menulis artikel ilmiah berbasis penelitian, khususnya untuk guru Bahasa Inggris di Bengkulu Tengah. Dari hasil angket yang diberikan kepada responden, diperoleh data bahwa para guru belum memiliki pengetahuan yang cukup dan luas tentang penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian untuk jurnal nasional dan internasional. Selain itu mereka juga belum memahami dengan baik proses submit artikel ke Open Journal System (OJS), sehingga dibutuhkan pelatihan yang bisa membantu mereka agar bisa melakukan publikasi. Model pelatihan induktif partisipatif dengan pendekatan pembelajaran melalui aplikasi google classroom, whatsApp dan Zoom Cloud Meeting menjadi pilihan terbaik karena dapat menjangkau kelompok target yang masif dan luas. 

 

The ability to write, especially writing research-based scientific articles, is an inseparable part of the teaching profession. Writing articles for scientific journals is one of the requirements for teachers promotion , especially Category IVb and above, according to the Decree of the State Minister for State Apparatus Empowerment Number 84 of 1993. However, the fact is that many teachers have not made scientific publications or have not been able to write research-based scientific articles, especially for English teachers in Bengkulu. From the results of the questionnaire given to the respondents, it was found that the teachers did not have sufficient and extensive knowledge about writing research-based scientific articles for national and international journals. In addition, they also do not understand well the process of submitting articles to the Open Journal System (OJS), so they need training that can help them to publish. The participatory inductive training model with a learning approach through the google classroom application, WhatsApp and Zoom Cloud Meeting is the best choice because it can reach a massive and broad target group.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.20490

Article Metrics

Abstract view : 1588 times
PDF - 1369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.