SURVEI PASAR ONLINE: STRATEGI RISET PASAR UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO WANITA di KELURAHAN PEKAN LABUHAN KECAMATAN MEDAN LABUHAN

Audia Junita, Iman Indrafana Kusumo Hasbulla, Muhammad Fauzan Azhmy

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat  yang dilakukan pada pengusaha mikro di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya survey pasar dalam menjalankan usaha dan secara spesifik memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknis cara membuat kuesioner online dan melakukan survei online ke pasar. Metode yang dipakai adalah ceramah (penyuluhan) dan praktik (pelatihan) menggunakan Handphone (HP) untuk membuat kuesioner online dengan aplikasi Google Form. Hasil kegiatan penyuluhan dan pelatihan terkait survei pasar online sebagai strategi pengembangan usaha mikro di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan relatif efektif untuk merubah persepsi dan ketrampilan pengusaha dalam memanfaatkan survey pasar online melalui pembuatan kuesioner online dengan bantuan google form. Dominasi pengusaha mikro yang sebelumnya kurang memahami arti penting survei pasar sekaligus bagaimana melakukan survei pasar dengan bantuan teknologi secara online menjadi tercerahkan melalui kegiatan ini. Bahkan pengusaha mikro wanita memiliki minat besar untuk memanfaatkan ketrampilan dan ilmu yang diperoleh secara praktis guna memberikan hasil yang lebih baik bagi perkembangan usaha mereka.

 

Kata kunci: Survei Pasar Online, Kuesioner Online, Pengusaha Mikro


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20589

Article Metrics

Abstract view : 3531 times
PDF - 2867 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.