PENDAMPINGAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INTERNET UNTUK MADRASAH ALIYAH DALAM RANGKA ADAPTASI PENDIDIKAN ERA NEW NORMAL DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.21448Abstract
Pembelajaran daring merupakan pilihan yang diambil dalam mengantisipasi pandemi covid-19. Sayangnya dengan pembelajaran daring ini praktikum sebagai salah satu pilar pembelajaran sering ditiadakan karena tidak dapat dilaksanakan di luar laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru dalam melaksanakan praktikum secara daring berbasis internet. Praktikum dilaksanakan di laboratorium oleh guru tetapi disiarkan secara daring kepada siswa dirumah. Dengan demikian praktikum tetap dapat dilakukan. Titik titik pengamatan disorot dengan kamera sehingga siswa dapat mengamati data yang harus dicatat dalam LKS secara daring. Jika diperlukan dapat menggunakan lebih dari satu kamera untuk menyorot titik-titik pengamatan data. Untuk mengakomodasi beberapa kamera yang disiarakan secara langsung maka perlu software yang dapat mengakomodasi keperluan itu. Salah satu software yang dapat digunakan adalah OBS. Dengan melakukan streaming beberapa kamera secara bersamaan maka data yang harus diambil secara simultan dapat diamati oleh siswa. Dengan cara seperti ini maka praktikum tetap dapat dilaksanakan walaupun secara daring. Siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk melaksanakan praktikum tetapi tetap mendapatkan data praktikum yang dilakukan oleh guru secara daring.Kata Kunci: Praktikum, daring, pandemi, multistreaming, OBS StudioDownloads
Published
2020-12-06
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.