PENDAMPINGAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INTERNET UNTUK MADRASAH ALIYAH DALAM RANGKA ADAPTASI PENDIDIKAN ERA NEW NORMAL DI KOTA MALANG

Farid Samsu Hananto, Wiwis Sasmitaninghidayah

Abstract


Pembelajaran daring merupakan pilihan yang diambil dalam mengantisipasi pandemi covid-19. Sayangnya dengan pembelajaran daring ini praktikum sebagai salah satu pilar pembelajaran sering ditiadakan karena tidak dapat dilaksanakan di luar laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru dalam melaksanakan praktikum secara daring berbasis internet. Praktikum dilaksanakan di laboratorium oleh guru tetapi disiarkan secara daring kepada siswa dirumah. Dengan demikian praktikum tetap dapat dilakukan. Titik titik pengamatan disorot dengan kamera sehingga siswa dapat mengamati data yang harus dicatat dalam LKS secara daring.  Jika diperlukan dapat menggunakan lebih dari satu kamera untuk menyorot titik-titik pengamatan data. Untuk mengakomodasi beberapa kamera yang disiarakan secara langsung maka perlu software yang dapat mengakomodasi keperluan itu. Salah satu software yang dapat digunakan adalah OBS. Dengan melakukan streaming beberapa kamera secara bersamaan maka data yang harus diambil secara simultan dapat diamati oleh siswa. Dengan cara seperti ini maka praktikum tetap dapat dilaksanakan walaupun secara daring. Siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk melaksanakan praktikum tetapi tetap mendapatkan data praktikum yang dilakukan oleh guru secara daring.

Kata Kunci: Praktikum, daring, pandemi, multistreaming, OBS Studio

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.21448

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.