PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG TINJAUAN FILOSOFIS DAN PSIKOLOGIS DISPOSISI BERPIKIR MELALUI WEBINAR NASIONAL
Abstract
Disposisi berpikir juga diperlukan agar seorang siswa atau mahasiswa dapat berhasil dalam belajar. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa pengetahuan tentang disposisi berpikir dari 84 responden yang merupakan pendidik dan mahasiswa calon guru masih berada pada kategori sangat rendah, yaitu 38,45%. Masalah rendahnya pengetahuan tentang disposisi berpikir ini penting untuk diatasi. Hal ini dikarenakan seorang guru harus memahami disposisi berpikir, agar berhasil dalam melakukan pembelajaran di kelas. Salah satu cara yang dilakukan oleh pengabdi adalah mengadakan kegiatan webinar nasional tentang tinjauan filosofis dan psikologis dari disposisi berpikir. Oleh karena itu, tujuan kegiatan webinar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta webinar tentang disposisi berpikir. Kegiatan webinar ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pemaparan materi, tanya jawab, dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian melalui webinar ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta terhadap disposisi berpikir sebesar 23,99%, yaitu dari kategori sangat rendah (38,45%) ke kategori tinggi (62,44%). Peningkatan pengetahuan ini juga terjadi pada masing-masing materi tentang disposisi berpikir yang disampaikan dalam webinar ini. Secara umum dapat dikatakan bahwa webinar ini berhasil dalam meningkatkan pengetahuan peserta tentang disposisi berpikir.
Thinking dispositions are also needed so that a student can succeed in learning. The results of the preliminary research indicate that the knowledge of the thinking dispositions of 84 respondents who are teachers and preservice teacher candidates is still in the low category, which is 38.45%. The problem of low knowledge about this thinking disposition is important to overcome. This is because a teacher must understand the disposition of thinking, to be successful in carrying out learning in class. One of the ways that this service is carried out is by holding a national webinar on a philosophical and psychological review of thinking dispositions. Therefore, the purpose of this webinar activity is to increase the knowledge of webinar participants about thinking dispositions. This webinar activity consists of three stages, namely material presentation, question and answer, and evaluation of activities. The results of this service through this webinar showed that there was an increase in participants' knowledge of thinking dispositions by 23.99%, from the very low category (38.45%) to the high category (62.44%). This increase in knowledge also occurs in each material about the disposition of thinking presented in this webinar. In general, it can be said that this webinar was successful in increasing participants' knowledge about thinking dispositions.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i4.22920
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.