PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM KOMUNITAS ANAK TANGGAP BENCANA

Nur Setiawati Dewi

Abstract


Abstrak

 

Posisi Indonesia yang berada dalam ring of fire, beresiko mengalami bencana lebih besar dari negara yang lain. Sbagai konsekuensi, seluruh masyarakat Indonesia harus siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi, tidak terkecuali anak usia dini. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anak usia dini dalam kesiapsiagaan bencana melalui program komunitas anak tanggap bencana. Metode yang dilakukan dalam PKM ini adalah terapi bermain, penggunaan audiovisual, dan pengadaan alat edukasi tanggap bencana. Partisipan utama dalam PKM adalah siswa kelas A dan B TK W di Kota Semarang. Hasil PKM ini menujukkan bahwa program komunitas anak tanggap bencana efektif meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pada siswa TK.  Berdasarkan hasil tersebut, perlu adanya sustainability dari program yang dilakukan secara rutin dan terjadwal untuk mempertahankan pengetahuan dan ketrampilan bagi siswa, tentang kesiapsiaagaan bencana.

 

Kata Kunci: Anak usia dini; Kesiapsiagaan bencana, Taman Kanak-kanak.

 

 

Abstract

 

Indonesia's position, which is taking place in the ring of fire, has more disaster than other countries. Consequently, all Indonesian people must be prepared to face disasters that may be occurred, including early childhood groups. The Community Service Program (PKM) was aimed to increase the knowledge and skills of early childhood in disaster preparedness through disaster response children's community programs. The program used play therapy and audiovisuals related to disaster response to conduct the program. The participants were twenty-kindergarten students at Semarang City. The results showed that the disaster response children's community program was effective to increase kindergarten students' knowledge and skills. Based on these results, there is essential to sustain the program. Schools can develop the programs' regular and scheduled implementation to maintain students' disaster preparedness knowledge and skills.

 

Keywords: early childhood; disaster preparedness, Kindergarten


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i4.23472

Article Metrics

Abstract view : 378 times
PDF - 688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.