PENDAMPINGAN PRODUKSI DANSTRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGAKERIPIK UBI MANA LAGI “PAK JAIM” DI DESA GUNUNG SELAMAT

Siti Aminah Siregar, Pristiyono Pristiyono, Yudi Prayoga

Abstract


Usaha rumah tangga (home industri) adalah usaha yang dimulai dari kecil dengan harapan dapat berkembang kedepannya dan mendapatkan laba yang besar, usaha ini tentunya dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian. Keripik ubi adalah jenis makanan ringan yang enak disantap saat bersantai yang memiliki cita rasa yang berbeda dan dimakan sesuai dengan keinginan pengkonsumsi. Tujuan pengabdian ini di lakukan dengan persiapan program, sosialisasi keripik ubi serta pendampingan dan strategi pemasaran keripik ubi, metode pengumpulan data dengan ikuti praktek langsung, wawancara dan angket.Analisi yang di lakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil dari pengabdian adalah pelaku usaha bisnis rumah tangga mulai mencoba untuk memasarkan produk dengan cara online dan terus berusaha untuk meningkatkan pemasarannya. Setiap usaha yang di jalankan pasti memiliki tantangan dan cobaan yang bertubi-tubi, sebab itu pelaku usaha harus tetap terus berusaha untuk meningkatkan usahanya secara pelan pelan tanpa harus menajatuhkan dan menyakiti atau mendzolimi pihak usaha lainnya. Dengan mengikuti langkah-langkah perencaan strategi pemasaran, usaha kripik ubi mana lagi diharakan dapat meningkat lagi baik dari segi apa pun dan terutama dari segi pemasarannya.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.23526

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 257 times PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.