KONSTRUKSI DESA LITERASI DIGITAL BERBASIS QUICK RESPONSE CODE UNTUK KELOMPOK PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN ATAS/SEDERAJAT DI KABUPATEN BANTAENG
Abstract
Permasalahan mitra Program Kemitraan Masyarakat dalam membangun desa yaitu (a) tidak adanya literasi pendidikan (buku bacaan/ buku mata pelajaran) untuk siswa yang belajar di rumah, (b) Tidak adanya teknologi pendidikan yang bisa digunakan siswa secara efektif dalam belajar di rumah atau di ruang pustaka atau sudut baca desa. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara sistematis melalui literasi digital dengan menggunakan Quick Response Code. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) konstruksi literasi digital, (2) literasi digital dipelihara oleh masyarakat, (3) memperbaiki dan memperbaharui literasi digital dan perubahan yang dihasilkan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan literasi digital berbasis quick response code untuk siswa mendapatkan respon positif dari pemerintah, orang tua dan siswa sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengkonstruksi desa sebagai desa literasi digital. Kegiatan literasi digital berbasis quick response code sebagai bagian program literasi digital di tingkat desa.
The problems of the Community Partnership Program partners in building villages are (a) there is no educational literacy (reading books/subject books) for students who study at home, (b) There is no educational technology that students can use effectively in studying at home or at school. library room or village reading corner. Solutions to solve problems systematically through digital literacy using the Quick Response Code. The implementation method is carried out through four stages, namely (1) digital literacy construction, (2) digital literacy is maintained by the community, (3) improving and updating digital literacy and the resulting changes. The results of the community service activities show that digital literacy based on the quick response code for students has received positive responses from the government, parents and students as activities that are beneficial to the community in constructing villages as digital literacy villages. Digital literacy activities based on the quick response code as part of the digital literacy program at the village level.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.25639
Article Metrics
Abstract view : 88 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.