Pemberdayaan UPPKS Cendrawasih Berbasis Pencatatan Keuangan di Kota Tanjung Balai

Ali Fikri Hasibuan

Abstract


Keberadaan catatan keuangan bagi kelompok UPPKS dewasa ini menjadi keharusan. Beberapa manfaat yang didapat dari informasi keuangan antara lain : (1) dapat mencari informasi laba/rugi dalam satu periode, (2) informasi tentang arus kas usaha, (3) membuat keputusan dari informasi keuangan perihal rencana kedepan UPPKS.

Secara umum proses pemberdayaan  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok UPPKS dalam membuat catatan keuangan, Meningkatnya kemampuan UPPKS dalam memanajemen usahanya. Mampunya sebuah UPPKS melaksanakan pencatatan keuangan yang baik akan memberi nilai tambah dalam persaingan pasar.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 20 Agustus 2014 bertempat di Gedung BKKBN Kota Tanjung Balai. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BKKBN Kota Tanjung Balai.  Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Instruktur dari Unimed Bapak Ali Fikri Hsb S.E, M.Si, bapak Hendra Kurnia Pulungan, S.Sos., M.I.Kom, dan Bapak Sabani S.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Orang Anggota Kelompok UPPKS.

Hasil akhir kegiatan ini adalah mampunya kelompok UPPKS membuat catatan keuangan dalam satu periode yang berisi catatan tentang kas, pembelian, penjualan, buku utang dan piutang serta estimasi profitabilitas (laporan laba/rugi).

Kata Kunci, pencatatan, UPPKS, Keungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3389

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.