PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA X SMA NEGERI 1 KUTACANE TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Suhadi habibi, Kartina Samosir, Yasifa tihia

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A SMA N 1 Kutacane. Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMAN 1 Kutacane yang berjumlah 40 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan achievement division (STAD) pada pembelajaran trigonometri di SMA N 1 Kutacane tahun ajaran 2012/2013. Instrument penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi dari tes awal hingga tes hasil belajar II terus mengalami peningkatan yang pada awalnya hanya 3 siswa (7,5%) menjadi 24 siswa (60%)hingga 36 siswa (90%). Nilai rata-rata siswa meningkat dari tes awal yang hanya 48,625 menjadi 73,575 (meningkat sebesar 24,95). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Trigonometri. Aktivitas siswa pada siklus I  belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi dengan temannya maupun guru belum memenuhi PWI ( PersentaseWaktu Ideal) karena hanya bernilai 17,73% dan 2,27% (total 20%) dari total waktu keseluruhan dalam proses belajar mengajar, yang akan idealnya berkisar antara 25% sampai 35%. Namun pada siklus II aktivitas berdiskusi dengan teman maupun guru sudah memenuhi PWI yaitu dan 5,91% (total 32,73%). Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah ideal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i77.3401

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.