Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah

Dita Amanah

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan pengaruh bauran pemasaran terhadap kinerja usaha kecil menengah. Bauran pemasaran harus menjadi perhatian bagi pengusaha jika produknya ingin terus berada di pasar. Apabila pengusaha dapat mengelolanya dengan baik, maka akan menjadi keunggulan tersendiri dibanding pesaing yang saat ini semakin banyak dan sengit keadaannya.

Demikian juga halnya dengan kinerja. Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan dalam upaya pencapaian tujuan. Kinerja yang baik adalah hasil dari kegiatan yang baik, demikian sebaliknya. Untuk mendapatkan kinerja yang baik maka pelaku usaha perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Salah satu strategi pemasarann yang mampu mendukung dalam memasarkan produk adalah penggunaan strategi bauran pemasaran.

Usaha kecil dan menengah adalah usaha dengan aset dibawah perusahaan besar dan biasanya dimiliki secara perseorangan. Usaha ini juga perlu mengembangkan strategi bauran pemasaran secara efektif sepertinya halnya perusahaan besar agar usaha mereka dapat menjadi lebih baik dan produknya selalu diminati pelanggan.

Dengan demikian usaha kecil dan menengah akan memperoleh kinerja yang sesuai dengan target apabila mereka dapat mengkombinasikan semua unsur bauran pemasaran dengan tepat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3406

Article Metrics

Abstract view : 1351 times
PDF - 1651 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.