RUANG EDUKASI: PROGRAM BANTUAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENGHITUNG, DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4.34275Abstract
Perubahan kebijakan pemerintah dalam menyikapi pandemi COVID-19 pada pelaksanaan pendidikan di setiap jenjang sekolah berdampak pada permasalahan yang spesifik. Pada peserta didik Sekolah Dasar (SD), terkhusus pada level bawah (kelas 1, kelas 2, kelas 3), ditemukan fakta bahwa masih banyak peserta didik yang belum bisa membaca dengan lancar, bahkan belum bisa membaca sama sekali. Fakta lainnya adalah lemahnya kemampuan dalam penghitungan dasar (misalnya perkalian sederhana) dan self regulated learning. Fakta ini juga sebagian ditemukan pada tingkat yang lebih tinggi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN), tim mengembangkan program bantuan dalam bentuk œRuang Edukasi. Melalui program ini, peserta didik dibantu meningkatkan kemampuan membaca dan menghitung melalui latihan-latihan, dibantu menyelesaikan tugas rumah, dan dilatih untuk mengatur jadwal belajarnya masing-masing. Hasil pelaksanaan program Ruang Edukasi ini adalah (1) meningkatkan kemampuan membaca dan menghitung pada peserta didik dasar, (2) meningkatkan peran masyarakat dalam mengatasi permasalahan di daerahnya, (3) membantu guru memetakan permasalahan belajar peserta didik, (4) meningkatkan self regulated learning, (5) dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sarana dan prasarana pendidikan.Downloads
Published
2022-12-27
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.