UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS X

Poppy Indrayani Nainggolan, Sabar Surbakti

Abstract


Kewajiban pokok seorang guru adalah mengajar, bagaimana supaya memperoleh hasil pembelajaran yang baik maka seorang guru harus mampu menggunakan dan menyesuaikan gaya mengajar dengan materi, keadaan siswa, situasi dan kondisi kelas agar terjadi susana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan gaya mengajar komando dalam menuntaskan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dribbling bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada  Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Luar Pada Permainan Sepak Bola Pada Siswa kelas X SMA Swasta Methodist-8 Medan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan siklus I dan siklus II. Populasi penelitaian adalah siswa SMA Swasta Methodist-8 yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang diperoleh dengan teknnik purposif sampling. Sampel tersebut kemudian diberikan pembelajaran dengan gaya komando sesuai tahapan pada siklus yang telah dirancang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen test berdasarkan lembar kertas potofolio kemampuan dribbling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Melalui penerapan model mengajar gaya komando dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling kaki bagian luar pada siswa kelas X-1 SMA Swasta Methodist-8 Medan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan yang meningkat pada setiap siklus. Pada pra siklus dketahui hanya 20% (6 orang) siswa pada kategori tuntas dan 80% (24 orang) siswa pada kategori tidak tuntas. Salanjutnya pada siklus I sebanyak 16 orang atau 53,33% siswa telah tuntas dan 14 orang atau 46,67% belum tuntas. Dilanjutkan pada siklus ke II terdapat 24 orang atau 86,67% siswa pada kategori tuntas dan 4 orang atau 13,33% pada kategori tidak tuntas dari seluruh jumlah siswa sebanyak 30 orang. Ketuntasan belajar mangalami peningkatan rata-rata sebesar 33,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya mengajar komando dapat meningkatkan hasil belajar dribbling kaki bagian luar dalam permainan sepak bola pada siswa kelas X SMA Swasta Methodis-8.

Kata kunci : Metode gaya mengajar komando, Hasil belajar, Sepak bola, Dribbling kaki bagian luar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i76.3434

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.