BOPTN Pembinaan dan Pendampingan UPPKS Berkah di Kabupaten Langkat

Dedy Husrizal Syah

Abstract


Kacang merupakan salah satu komoditas tanaman yang banyak dimakan rakyat Indonesia, seperti: bubur kacang hijau , kacang tanah, isi onde-onde, dan lain-lain. Kacang adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum.

Salah satu kelompok UPPKS yang bergerak dibidang produksi susu kacang kedelai berdasarkan  laporan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan tahun 2014 adalah UPPKS Berkah yang terdapat di Kota Stabat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. UPPKS yang diketuai oleh Ibu Jurina Sari Kamil ini sudah berjalan ± 1 tahun dengan penghasilan Rp 500.000,- /hari.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan visitasi untuk mengetahui permasalahan kelompok UPPKS, setelah itu dilaksanakan Workshop bertempat di Rumah Ibu Zairina pada tanggal 27 Mei 2015. Setelah pelaksanaan workshop kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan pendampingan kepada kelompok UPPKS yaitu pada tanggal 10 dan 19 Juni 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh penyuluh kecamatan BKKBN Kabupaten Langkat.  Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Instruktur dari Unimed Bapak Dedy Husrizalsyah, SE., M.Si, Ali Fikri Hasibuan, SE.,M.Si dan Armin Rahmansyah Nasution, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Orang Anggota Kelompok UPPKS.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i82.3436

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.