PENGARUH PEMBERIAN SPORT THERAPY TERHADAP KEMAMPUAN GERAK BERJALAN LURUS PADA ANAK PENDERITA CACAT GRAHITA SEDANG (IMBESIL) DI YPAC MEDAN

RIMA MEDIYANA SARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang pengaruh pemberian sport therapy terhadap kemampuan gerak berjalan lurus pada anak penderita cacat grahita sedang (imbesil) di YPAC Medan. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Jumlah sampel 4 orang, yang diperoleh dengan teknik purposif sampling. Selanjutnya sampel diberikan perlakuan latihan gerak berjalan lurus selama 6 (enam) minggu. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan menggunakan tes dan pengukuran terhadap kemampuan gerak berjalan lurus antara pre test dan post test.

Hasil analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan statistik menentukan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, maka diperoleh pengujian hipotesis (t-hitung) sebesar 11,62. Selanjutnya harga tersebut dibandingkan dengan harga t-tabel dengan dk n - 1 (4 - 1 = 3), pada taraf signifikan a = 0,05 adalah 2,35, dengan demikian th> tt (11,62 > 2,35), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian sport therapy terhadap kemampuan gerak berjalan lurus pada anak penderita cacat grahita sedang (imbesil) di YPAC Medan.

Kata Kunci: Sport Therapy, anakcacatgrahita.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i76.3444

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.